Kerugian Sektor Konsumen, Teknologi dan Keuangan Menekan Bursa Hong Kong Senin

0
262

(Vibizmedia – Index) Indeks Hang Seng pada hari Senin ditutup di zona merah dan berada pada level terendah dalam lebih dari 13 bulan, di tengah kerugian dari sektor konsumen, teknologi dan keuangan.

Indeks Hang Seng tergelincir 132,88 poin atau 0,81% dan berakhir pada 16.201,50.

Sentimen teredam oleh data pada akhir pekan yang menunjukkan harga konsumen di China mengalami penurunan terbesar dalam 3 tahun, turun sebesar 0,5% yoy pada bulan lalu, sementara biaya produsen semakin menyusut.

Sementara itu, beberapa data China untuk bulan November akan dirilis minggu ini, termasuk output industri, omzet ritel, dan tingkat pengangguran.

Namun, indeks tersebut berhasil mengurangi penurunan tajamnya di awal, di tengah spekulasi pembelian saham oleh dana negara.
Secara terpisah, IMF mengatakan pihaknya kini memperkirakan perekonomian Tiongkok akan memenuhi tingkat target resmi “sekitar 5%” untuk tahun 2023.

Di antara penggerak terbawah pada hari ini adalah JD.Com (-7.2%), Meituan (-3.9%), Haidilao Intl (-3.6%), dan China Tower Co.

Analyst Vibiz Research memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Hang Seng akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street yang jika berakhir naik, akan memberikan sentimen positif bagi Indeks Hang Seng. Namun jika bursa Wall Street berakhir turun, akan dapat menekan indeks Hang Seng.