Tingkatkan Daya Saing Logistik Nasional Pelaku Usaha Berkolaborasi

0
171
Menhub Budi Karya Sumadi hadiri Munas VII ALFI 2023 (Foto: Kemenhub)

(Vibizmedia – Nasional) Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendorong para pelaku usaha di bidang transportasi dan logistik agar semakin berkolaborasi dengan lebih baik. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan daya saing logistik nasional.

“Esensi dari adanya asosiasi seperti ALFI/ILFA ini adalah kolaborasi, dan saat ini sudah menjalankan fungsinya dengan baik. Saya berharap asosiasi ini dapat mengambil peran optimal untuk terus meningkatkan kinerja dan produktivitas logistik nasional,” ujarnya, pada Selasa (12/12/2023).

Menhub juga berharap, asosiasi ini dapat menjadi wadah untuk meningkatkan profesionalitas dan kompetensi SDM di bidangnya, agar mampu menghadapi perubahan dan era digitalisasi sektor kepelabuhanan.

“Dengan begitu, akan membuat Indonesia lebih tangguh dalam menghadapi tantangan global,” ucapnya.

Sementara itu, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa biaya logistik mulai menurun sejak pembangunan infrastruktur yang masif dan terjadinya ekosistem yang baik di setiap wilayah.

“Hal itu ditunjukkan dengan kondisi ekonomi dalam negeri tahun ini yang cukup baik, dengan angka pertumbuhan ekonomi hingga kuartal III-2023 di angka 5,05 persen dan inflasi terkendali di bawah level 3 persen,” terang Bahlil.

Sedangkan menurut keterangan Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat ALFI, Yukki Nugrahawan Hanafi, jumlah perusahaan yang tergabung dalam ALFI/ILFA saat ini ada sekitar 4.133 perusahaan. Jumlah ini tersebar di seluruh provinsi mulai dari Aceh hingga Papua.

Dijelaskan bahwa dalam KTT APEC di San Francisco pada 14-15 November 2023 lalu, Indonesia telah menandatangani kerja sama rantai pasok global. “Ini adalah kesempatan yang baik bagi pelaku usaha untuk memanfaatkan rantai pasok global. Namun untuk meraihnya tidak mudah, apalagi sistemnya kini sudah berbasis digital,” tutur Yukki.

Untuk itu, ALFI/ILFA siap membangun kolaborasi antara Pemerintah, BUMN dan Swasta untuk mewujudkan Indonesia Logistics and Supply Chain Incorporated. Sekali lagi tujuannya untuk meningkatkan daya saing logistik nasional.