Diaspora Indonesia Kenalkan Budaya Indonesia Sekaligus Memberdayakan Perempuan

0
178
Warna-warni indah para penari Bali di Cultural Holiday Event. (Foto: VOA/ Ariono Arifin)

(Vibizmedia – Nasional) Berbagai bentuk seni dan budaya ditampilkan dalam acara berjudul “Cultural Holiday Event” yang diadakan para diaspora Wanita Indonesia – Srikandi Baltimore pada awal Desember 2023.

Acara tersebut diadakan di Baltimore, kota terbesar di negara bagian Maryland, kurang lebih 65 kilometer ke arah utara dari Washington, D.C. Ada pergelaran musik, pagelaran fesyen, aneka tari, aneka makanan, pameran kerajinan tangan hingga berbagai jenis asesoris busana dan pakaian seperti batik dan kebaya.

Leli Kuncoro, Direktur Eksekutif Srikandi Baltimore, mengatakan bahwa acara yang berawal dari nol tersebut merupakan yang pertama di Kota Baltimore. Acara tersebut, terwujud atas kerja sama yang melibatkan pengusaha kecil setempat, serta sumbangan dana dari para donatur dan tenaga para relawan kerabat pelaksana.

“Acara ini adalah untuk memperkenalkan budaya Indonesia, di Baltimore area, dan kita juga bekerja sama, kolaborasi dengan desainer-desainer lokal di sini, untuk mengadakan fashion show dan acara kultural-budaya di Baltimore City,” kata Leli kepada VOA.

Sebagai penanggung jawab acara, Nuri Auger menambahkan bahwa acara tersebut bukan hanya sekadar untuk berkumpul. Namun, juga untuk mendukung dan memberdayakan perempuan sekaligus pengusaha setempat. Hal tersebut merupakan refleksi dari misi dan komitmen Srikandi Baltimore untuk hal yang berguna bagi masyarakat Indonesia dan lokal.

“Selain penanggung jawab acara, saya juga salah satu perancang busana kebaya yang ikut memperagakan kebaya-kebaya yang saya rancang, dan menjahitnya di sini, di Amerika,” ujar Nuri.

Acara yang digelar di Gedung Pusat Inovasi Kota Baltimore tersebut menampilkan enam jenis tarian dari berbagai daerah di Indonesia.

“Saya membawakan tari tradisional Bali, daerah asal saya, yang sering ditampilkan dalam acara pembuka atau penyambutan tamu, yaitu tari Panyembrama. Tari ini sendiri berasal dari kata ‘sembrama’ yang berarti sambutan. Kalo dari Bahasa Sansekerta, sambrama berari ‘excitement’ karena rasa senang, joy atau happiness,” jelas Ika Inggas, anggota Komunitas Banjar Bali yang hari itu tampil sebagai pembuka acara. Ia membawakan tarian tersebut dengan berduet bersama anaknya.

Acara dihadiri oleh perwakilan dari kantor gubernur negara bagian Maryland. Christina Poy sebagai menjabat Direktur Administratif Komisi Gubernur Untuk Urusan Warga Amerika Keturunan Asia Pasifik (Administrative Director of the Governor’s Commission on Asian Pacific American Affairs).

Christina mengatakan ia senang akan keberagaman Indonesia, mulai dari budaya, tata busana, bahasa, sama seperti di AS. Jadi, penting menurutnya untuk saling berbagi agar semua dapat menikmati. Ia pun menyukai makanan Indonesia yang beraneka ragam.

Sumber: www.voaindonesia.com