Peruri Menjadi Tumpuan Percepatan Transformasi Digital Indonesia

0
158
Peruri Menjadi Garda Terdepan Transformasi Digital Pemerintah Sebagai GovTech Indonesia. (Foto: Peruri)

(Vibizmedia – Jakarta) Untuk mewujudkan visi Indonesia Maju 2045 Pemerintah terus mempercepat transformasi digital. Untuk itu, Indonesia menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2023 pada tanggal 18 Desember 2023 sebagai langkah besar mempercepat transformasi digital dan meningkatkan keterpaduan layanan publik.

Sesuai dengan visi ini, Pemerintah Indonesia mempercayakan Peruri untuk menjalankan peran strategis sebagai GovTech Indonesia.

Menteri PAN-RB, Abdullah Azwar Anas pada Desember 2023 menyatakan bahwa nantinya Peruri akan menjadi tumpuan dalam percepatan transformasi digital di Indonesia.

Melalui langkah ini, harapannya pemerintah Indonesia dapat mengintegrasikan berbagai pelayanan publik sehingga masyarakat dapat mengaksesnya melalui satu portal pelayanan publik secara terpadu.

Sebagai GovTech Indonesia, Peruri diberikan mandat untuk menyelenggarakan aplikasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) prioritas layanan milik Kementerian dan Lembaga Pemerintah.

Aplikasi tersebut meliputi Layanan Pendidikan, Layanan Kesehatan, Layanan Bantuan Sosial, Layanan Administrasi Kependudukan, Layanan Transaksi Keuangan Negara, Layanan Administrasi Pemerintahan, Layanan Portal Layanan Publik, Layanan Satu Data Indonesia, dan Layanan Kepolisian.

Dengan mengutamakan integrasi dan interoperabilitas, Peruri berkomitmen untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya bagi seluruh masyarakat Indonesia, untuk mendukung empat pilar utama transformasi digital, yakni infrastruktur, pemerintahan, ekonomi, dan masyarakat digital.

Empat pilar ini harus berjalan secara sinergis bersama-sama untuk mewujudkan Indonesia menjadi salah satu negara ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Alasan dibalik penunjukkan Peruri sebagai GovTech Indonesia tidak terlepas dari keberhasilannya dalam menjalankan transformasi digital selama beberapa tahun terakhir.

Peluncuran produk digital pada tahun 2019 menjadi bukti nyata komitmen Peruri untuk beradaptasi dengan era digital.

Peruri yang seluruh modalnya dimiliki oleh pemerintah, juga telah sukses menjalankan amanat dalam pembuatan meterai elektronik.

Inovasi ini telah merangkul digitalisasi dalam bidang perpajakan dan bea meterai, memberikan kontribusi positif dalam mempercepat proses administratif dan meningkatkan efisiensi.

Penunjukkan Peruri sebagai GovTech Indonesia bukan sekadar pilihan strategis, tetapi juga bentuk keyakinan pemerintah pada kemampuan Peruri dalam menjalankan misi krusial ini.

Dengan dukungan penuh dari pemerintah dan pengalaman yang teruji, Peruri bersiap menjadi garda terdepan dalam mewujudkan visi Indonesia sebagai negara yang digital, terintegrasi, dan memberikan layanan publik yang terbaik.

Peruri memahami betul pentingnya sumber daya manusia berkualitas dalam mewujudkan visi GovTech. Saat ini digital talent Peruri mencapai 100% yang telah tersertifikasi.

Pencapaian ini menjadikan Peruri sebagai peringkat paling tinggi di antara seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN), menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan talenta terbaik untuk mendukung transformasi digital pemerintah.

Keamanan informasi adalah fondasi dari layanan digital yang handal. Peruri memiliki Indeks Keamanan Informasi (KAMI) dengan skor III+, menandakan keamanan yang terdefinisi dan konsisten dalam setiap aspek operasionalnya.

Kepercayaan dan keamanan data pemerintah menjadi prioritas utama bagi Peruri.

Dalam upaya menjaga integritas data dan sistem, Peruri telah meraih skor 4.06 dalam Cyber Security Maturity (CSM) dengan kategori Implementasi Terkelola.

Ini mencerminkan komitmen Peruri untuk memastikan tingkat keamanan yang tinggi dalam setiap interaksi digital.

Peruri juga telah siap secara matang dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 ditandai dengan peraihan skor INDI 4.0 sebesar 3,05 yang menggambarkan kesiapan dalam menghadirkan solusi terkini dan inovatif untuk mendukung pemerintah dalam memasuki era digitalisasi industri.

Sertifikasi manajemen keamanan informasi ISO 27001 yang dimiliki, menunjukkan bahwa Peruri menjunjung tinggi standar internasional dalam menjaga keamanan informasi yang vital bagi pemerintah dan masyarakat.

Peruri juga telah mencapai skor IT Maturity Level sebesar 3.5, menandakan tingkat kematangan teknologi informasi yang terdefinisi dengan jelas.

Dengan demikian, Peruri siap memberikan solusi IT yang terukur dan terarah sesuai dengan kebutuhan pemerintah.

Berkaca pada portofolio digital capabilities yang kuat, Peruri siap menjalankan tugas sebagai GovTech Indonesia, untuk berkolaborasi dengan pemerintah dalam mengakselerasi transformasi digital, memberikan solusi yang inovatif, dan mendukung visi pemerintah menuju pelayanan publik yang lebih efisien dan terpercaya.