Groundbreaking Tahap 4 Pembangunan IKN Dimulai

0
540
Tangkapan Layar Zoom Meeting Media Briefing IKN

(Vibizmedia – Jakarta) Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan kembali melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama tanda dimulainya sejumlah pembangunan fisik baru tahap empat di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Januari 2024.

Hal ini disampaikan Deputi Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono dalam Media Briefing secara virtual pada Selasa (16/1/2024),

Agung juga menambahkan, groundbreaking tahap 4 meliputi groundbreaking proyek BUMN, groundbreaking proyek pihak swasta, dan groundbreaking proyek Lembaga Negara.

“Besok Bapak Presiden seharian akan berada di IKN untuk melakukan groundbreaking,” ungkap Agung.

Agung menuturkan, groundbreaking proyek BUMN terdiri dari groundbreaking pembangunan Nusantara Logistik Hub yang merupakan proyek dari PT Pos Indonesia. Selain itu, untuk BUMN juga ada groundbreaking proyek pembangunan Studio Siaran Radio IKN yang dibangun oleh RRI.

Untuk groundbreaking pihak swasta, lanjut Agung, akan dilakukan groundbreaking proyek pembangunan Area Pergudangan, Hotel Bintang 5, Pembangunan Green Pesantren (pilot project reforestasi), dan groundbreaking pembangunan Nusantara Warehouse Park.

Agung menambahkan, untuk groundbreaking proyek yang pembangunannya dilakukan Lembaga Negara terdiri dari groundbreaking pembangunan Kantor Otorita IKN, Masjid Negara, dan Memorial Park yang semuanya itu dilakukan oleh Kementerian PUPR.

“Untuk lembaga negara, besok juga ada groundbreaking pembangunan gedung kantor Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS, yang nanti pembangunannya dilakukan oleh LPS,” kata Agung.

Sebagai informasi, Otorita IKN meraih total realisasi komitmen pemintaan investasi mencapai lebih kurang Rp41,4 triliun selama tiga rangkaian peletakan batu pertama dimulainya pembangunan fisik baru di Kota Nusantara tahap satu hingga tahap tiga pada 2023.

Pada groundbreaking tahap 1 pada 21-22 September 2023, terdiri dari 10 perusahaan dalam Konsorsium Nusantara.

Konsorsium itu meliputi Agung Sedayu Group (Lead Konsorsium), Salim Group, Sinar Mas, Pulau Intan, Djarum, BCA Group, Wings Group, Adaro Group, Barito Pacific, Mulia Group, Astra Group.

Lalu, tahap 2 diselenggarakan pada 1-2 November 2023. Saat itu dilakukan oleh Kementerian Perhubungan, Mayapada Hospital, Pakuwon Group, JIS, Hermina, Bank Indonesia, BPJS Ketenagakerjaan, dan PT PLN (Persero).

Terakhir, pada 20 Desember 2023 lalu, Presiden Jokowi melakukan sejumlah groundbreaking tahap tiga di IKN. Pertama, Pembangunan Rumah Sakit Umum Pusat Ibu Kota Nusantara (RSUP IKN), lalu pembangunan Nusantara Superblock di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim).