Imbal Hasil Treasury AS Senin Bergerak Rendah Menantikan Rilis Data Ekonomi

0
153

(Vibizmedia – Bonds) Imbal hasil Treasury AS bergerak turun pada hari Senin menantikan rilis data ekonomi minggu ini.

Imbal hasil Treasury 10-tahun yang menjadi acuan turun hampir 5 basis poin menjadi 4,098%.

Imbal hasil Treasury 2 tahun turun hampir 2 basis poin menjadi 4,389.
Pergerakan ini terjadi mencermati kapan Federal Reserve akan mulai memangkas suku bunga, yang akan menjadi penentu utama arah perekonomian dan pasar tahun ini.

Ada 2 data ekonomi penting yang akan dirilis minggu ini, awal pertumbuhan PDB kuartal keempat AS yang akan dirilis pada hari Kamis dan indeks harga PCE bulan Desember AS yang akan dirilis pada hari Jumat.

Ekonom yang disurvei oleh Dow Jones memperkirakan perekonomian akan tumbuh sebesar 1,7% selama tiga bulan terakhir tahun 2023, tingkat paling lambat sejak penurunan 0,6% yang tercatat pada kuartal kedua tahun 2022.

Perkiraan konsensus untuk harga inti PCE, tidak termasuk komponen pangan dan energi yang mudah berubah, adalah pertumbuhan sebesar 0,2% pada bulan ini dan 3% pada setahun penuh.

Pada hari Jumat, Presiden Fed Chicago Austan Goolsbee mengatakan bahwa investor harus memperhatikan data-data ini ketika memperkirakan jalur suku bunga Fed.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, imbal hasil Treasury AS akan bergerak turun dengan kehati-hatian menantikan data ekonomi dan sinyal Fed untuk kebijakan suku bunga apakah akan diturunkan dalam waktu dekat atau tidak.