Belum Panen Raya, Harga Beras Sedikit Naik

0
469
Pasar Mungkid
Presiden Joko Widodo mengunjungi Pasar Mungkid, Kabupaten Magelang, pada Senin, 29 Januari 2024. FOTO: BIRO PERS SETPRES

(Vibizmedia-Nasional) Presiden Joko Widodo mengawali kunjungan kerjanya ke Pasar Mungkid, Kabupaten Magelang, di Provinsi Jawa Tengah, pada Senin, 29 Januari 2024 untuk mengecek harga-harga kebutuhan pokok.

Setibanya dilokasi, Presiden Jokowi disambut pedagang dan masyarakat setempat. Presiden kemudian langsung menghampiri pedagang dan menanyakan kondisi harga sejumlah bahan pokok seperti beras, cabai, hingga bawang merah.

“Ya ini saya sudah hampir dua minggu enggak pernah masuk pasar, saya ingin cek di Pasar (Mungkid) Magelang,” jelas Presiden Jokowi usai peninjauan.

Berdasarkan pengamatannya, harga-harga kebutuhan pokok di Pasar Mungkid terpantau stabil. Cabai rawit misalnya, berada pada harga Rp30 ribu per kilogram.

“Ya hampir semuanya baik, cabai rawit sekarang sudah di harga 30 (ribu per kilogram), bawang merah di 20-22 (ribu per kilogram). Paling ada kenaikan sedikit beras, yang lain enggak,” jelasnya.

Menurut Presiden, harga beras sedikit naik karena saat ini belum masuk masa panen raya. Presiden Jokowi pun meyakini bahwa harga beras akan turun ketika stoknya melimpah.

“Ya belum panen raya. Nanti produksinya melimpah pas panen raya, pasti harganya juga turun,” katanya.

Selain mengecek harga, Presiden Jokowi juga menyerahkan sejumlah bantuan sosial bagi para pedagang. Nunung, salah satu pedagang ayam, mengaku senang dan bersyukur mendapatkan bantuan modal kerja dari Presiden Jokowi.

“Untuk tambahan modal dan ditabung. (Harapannya) pengin dilanjutkan dan semoga Pak Jokowi lancar ke depannya,” ungkapnya.

Muhammad Tosin, seorang penjual sayuran, juga merasa senang bisa bertemu dengan Kepala Negara yang dinilainya sebagai sosok yang rendah hati dan merakyat. Ia pun berharap ekonomi Indonesia makin baik ke depannya.

“Semoga tahun-tahun ke depan harga lebih stabil, ekonomi lebih baik terutama untuk pedagang -pedagang kecil,” ujarnya.