Harga Kakao Selasa Kembali Cetak Rekor Tertinggi 46 Tahun

0
76

(Vibiznews – Commodity) Harga kakao di bursa komoditi berjangka New York pada hari Selasa melanjutkan reli kenaikan dan mencatat rekor tertinggi dalam 46 tahun.

Harga kakao berjangka kontrak bulan Maret 2024 berakhir meningkat 1,54% pada 4.805.

Harga kakao menguat pada hari Selasa di tengah kekhawatiran bahwa angin musiman Harmattan di Afrika Barat lebih ekstrim dari rata-rata, mengeringkan ladang kakao dan mengurangi hasil panen pertengahan Pantai Gading pada bulan April, sehingga mengancam penurunan produksi kakao global lebih lanjut.

Produksi kakao yang lebih rendah di Pantai Gading, produsen kakao terbesar di dunia, merupakan faktor kenaikan utama harga kakao. Data pemerintah pada hari Senin menunjukkan petani Pantai Gading mengirimkan 1 MMT kakao ke pelabuhan mulai 1 Oktober hingga 28 Januari, turun -36% dibandingkan waktu yang sama tahun lalu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga kakao akan dibayangi sentimen penurunan produksi kakao seperti angin musiman Harmattan di Afrika Barat yang mengganggu produksi dan penurunan produksi Pantai Gading. Harga kakao diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance 4.861-4.918. Namun jika turun, akan bergerak dalam kisaran Support 4.730-4.656.