Dampak El Nino, Pemerintah Janjikan Bantuan Pangan Beras hingga Juni 2024

0
134
Bantuan Beras
Presiden Joko Widodo mengecek stok beras di Gudang Bulog Telukan, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah pada Kamis, 1 Februari 2024. FOTO: BIRO PERS SETPRES

(Vibizmedia-Nasional) Presiden Joko Widodo mengecek stok beras sekaligus menyerahkan bantuan pangan cadangan beras pemerintah 10 kilogram di Gudang Bulog Telukan, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah pada Kamis, 1 Februari 2024.

“Jadi Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni ibu dan bapak sekalian pikantuk (mendapatkan). Nanti hitung-hitungan malih (lagi) kalau APBN kita saya lihat masih ada kesempatan lagi bisa di (lanjutkan), tapi saya enggak janji. Janjinya yang sampai Juni. Nanti mungkin ada ruang lagi kita bisa di bulan berikutnya,” jelas Presiden.

Di hadapan para penerima, Presiden menjelaskan alasan pemerintah menyalurkan bantuan pangan tersebut yaitu karena harga beras naik di hampir semua negara. Menurut Presiden, fenomena iklim El Nino telah memberikan dampak pada terganggunya suplai beras di dunia.

“Bantuan itu diberikan karena ada yang namanya musim kering yang panjang nggih sehingga harga beras menjadi naik, itu di seluruh dunia. Dulu, waktu keadaan normal, kita beli beras di semua negara bisa. Sekarang ini beras mereka pegang semua untuk rakyatnya sendiri-sendiri. Sehingga apa? Harga beras karena suplainya berkurang, harga beras menjadi naik,” jelasnya.

Penyaluran bantuan pangan tersebut pun disambut antusias oleh warga setempat. Istikharah, seorang ibu asal Sukoharjo, merasa sangat senang karena mendapatkan bantuan pangan untuk pertama kalinya.

“Ini pertama dapat bantuan. Alhamdulillah rezeki anakku. Alhamdulillah,” ujar ibu yang sedang hamil tersebut.

“(Programnya) harus dilanjutkan kan banyak masyarakat yang membutuhkan,” tambahnya.

Sabar, warga Sukoharjo lainnya, juga bersyukur karena selain mendapatkan bantuan beras, ia juga berfoto bersama Kepala Negara. Baginya, ini juga merupakan kali pertama mendapatkan bantuan pangan dari pemerintah.

“Alhamdulillah senang banget. Saya tadi minta untuk foto, sama minta kausnya juga, dikasih,” ucapnya.

“Untuk Pak Jokowi selalu sehat, keluarga sehat, dikasih panjang umur,” tambahnya.