The Fed Sinyalkan Penurunan Suku Bunga Tidak Dilakukan Bulan Maret

0
119

(Vibizmedia – Economy & Business) Federal Reserve AS pada pertemuan akhir Januari 2024 ini hari Rabu memutuskan untuk mempertahankan suku bunga tidak berubah.

Ketua Fed Jerome Powell yang menyampaikan pernyataan setelah keputusan suku bunga tetap mengatakan bahwa The Fed kemungkinan tidak akan menurunkan suku bunga pada bulan Maret karena tidak cukup nyaman dengan jalur inflasi pada pertemuan berikutnya di bulan Maret.

“Berdasarkan pertemuan hari ini, saya ingin memberi tahu Anda bahwa menurut saya komite tidak akan mencapai tingkat kepercayaan pada saat pertemuan bulan Maret untuk mengidentifikasi bulan Maret sebagai waktu yang tepat untuk melakukan hal tersebut. Tapi itu harus dilihat,” demikian pernyataan Powell.

Powell mengatakan sebelumnya dalam konferensi pers bahwa penurunan suku bunga kemungkinan akan dimulai pada tahun ini.

Pernyataan kebijakan The Fed yang dirilis pada Rabu mencakup beberapa perubahan yang menunjukkan bahwa bank sentral tidak akan menaikkan suku bunga lebih lanjut namun belum siap untuk menurunkan suku bunganya. Komentar Powell memperjelas sinyal bagi pasar bahwa sikap tersebut akan berlanjut setidaknya untuk satu pertemuan lagi.

Powell juga menolak berkomitmen terhadap serangkaian penurunan suku bunga, dengan mengatakan bahwa hal tersebut “akan bergantung pada data.”

Pertemuan The Fed berikutnya untuk pengambilan kebijakan suku bunga dijadwalkan pada tanggal 20 Maret dan 1 Mei. Dalam beberapa bulan terakhir, pasar fokus pada kedua pertemuan tersebut sebagai kemungkinan waktu untuk penurunan suku bunga pertama, karena inflasi terus turun dan pertumbuhan lapangan kerja melambat.

Pengukur inflasi pilihan The Fed, yaitu indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi, diperbarui menjelang akhir setiap bulan. Kemungkinan hanya akan ada satu pembacaan PCE lagi sebelum pertemuan The Fed pada bulan Maret, namun ada tiga pembacaan lagi sebelum bulan Mei.

Juga akan ada tiga laporan Non Farm Payrolls lagi yang dirilis sebelum pertemuan bulan Mei, dengan laporan bulan Januari akan dirilis pada hari Jumat.