Setelah 21 Tahun Mangkrak, Tol Becakayu Mulai Dari Cipinang – Jakasampurna Telah Beroperasi Hari Ini

0
779
Peresmian Jalan Tol oleh Presiden Joowi. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Seksi 1B dan 1C: Cipinang Melayu (Jakarta Timur)-Jakasampurna (Bekasi Barat) sepanjang kurang lebih 8 kilometer, Jumat (3/11).

Melalui jalan tol yang telah mangkrak sekitar 21 tahun ini, Presiden Jokowi yakin akan mengurai kemacetan yang telah bertahun-tahun ada. Nantinya, pembangunan jalan tol ini akan diteruskan ke Tambun (Bekasi).

Nanti akan diteruskan sehingga akses dari Jakarta menuju ke Bekasi itu akan semakin lancar, jelas Presiden Jokowi usai peresmian Jalan Tol Becakayu Seksi 1B dan 1C.
Presiden meminta agar pembangunan ruas jalan tol Becakayu yang belum dilakukan segera diteruskan. Soal pembebasan tanah, Presiden optimistis akan selesai, sebagaimana ruas jalan Seksi 1B dan 1C, yang dulu juga tidak ada.

Presiden Joko Widodo berdiskusi dengan sejumlah Menteri dan direksi usi meresmikan pengoperasian Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Seksi 1B dan 1C: Cipinang Melayu (Jakarta Timur)-Jakasampurna (Bekasi Barat) sepanjang kurang lebih 8 kilometer, Jumat (3/11). FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

Selain itu, kehadiran Tol Becakayu akan menambah kapasitas dan pilihan para pengguna jalan, serta membuat jarak tempuh perjalanan menjadi jauh lebih cepat. Apabila selama ini waktu tempuh dari Kota Bekasi menuju Jakarta sekitar 2 jam perjalanan, dengan dioperasikannya Tol Becakayu diperkirakan akan mempersingkat waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan.

Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Seksi 1B dan 1C: Cipinang Melayu (Jakarta Timur)-Jakasampurna (Bekasi Barat) sepanjang kurang lebih 8 kilometer. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

Sementara jarak tempuh dari Bekasi ke Kampung Melayu diperkirakan bisa dilalui dalam waktu 30 menit. Tol Becakayu juga akan meningkatkan memperlancar lalu lintas kendaraan logistik menuju Karawang, Cibitung, dan Bandung.

Presiden Joko Widodo bersama sejumlah Menteri dan Gubernur DKI Jakarta meninjau lokasi jalan Tol Becakayu di daerah Cipinang Melayu, Jakarta Timur. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

Untuk sementara, pengguna jalan tol Becakayu tidak dipungut biaya alias gratis karena besaran tarif masih dalam pembahasan pihak terkait.

 

Journalist : Rully

Editor : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here