Sri Mulyani: Perekonomian Indonesia Pasca Pemilu dalam Kondisi Baik

0
496
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, FOTO: HUMAS KEMENKEU

(Vibizmedia – Nasional) Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati usai rapat Rapat Koordinasi Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) di Aula Djuanda, kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (23/5) siang, menyatakan menilai pasca pengumuman hasil rekapitulasi Pemilihan Umum (Pemilu) dan menjelang Lebaran awal bulan depan, ekonomi Indonesia masih dalam kondisi baik.

Meskipun sangat disayangkan terjadinya kerusuhan paska Pemilu, Menkeu yakin seluruh investor dan pelaku usaha sudah memahami proses pemilu dan aparat hukum dapat mengantisipasi dan mengatasi kejadian tersebut sesuai aturan hukum yang berlaku. Menurutnya, sikap percaya ini yang mendasari penyelenggaraan seluruh negeri dan akan tercermin pada indikator ekonomi nasional.

Menkeu juga menyampaikan bahwa proses pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) sudah terealisir separuhnya dan akan terus memantau pencairan sisanya. Ia berharap masyarakat dapat merayakan Lebaran dengan suasana aman setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan.

“Kita berharap suasana keamanan akan bisa terjaga sehingga masyarakat bisa menyelenggarakan ibadah Ramadan dan sekaligus merayakan hari Raya Idul Fitri bersama keluarga dan saudara yang juga biasanya memberikan dampak yang positif kepada ekonomi,” sambung Menkeu.

Sri Mulyani menyatakan KSSK sesuai mandatnya akan terus menjaga stabilitas sektor keuangan sebagai suatu sektor yang sangat strategis dan penting dalam menjaga perekonomian Indonesia tanpa kompromi.

Gubernur BI Perry Warjiyo pada kesempatan itu menyatakan Bank Indonesia telah meningkatkan pelayanan penukaran uang menyambut hari raya di 2.975 titik, baik di pusat maupun kantor cabang, sehingga kebutuhan uang di masyarakat untuk Lebaran dapat dipenuhi oleh Bank Indonesia.

Selain Menkeu, rapat KKSK itu juga dihadiri oleh Gubernur Bank Indonesia (Gubernur BI) Perry Warjiyo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (Ketua DK-OJK) Wimboh Santoso, serta perwakilan Ketua DK Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Emy T/Journalist/ VM
Editor: Emy Trimahanani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here