Pemerintah Luncurkan Program Double Degree Untuk ASN

0
958
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin. FOTO: KEMENTERIAN PANRB

(Vibizmedia-Nasional) Guna meningkatkan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjalankan roda pemerintahan. Pemerintah meluncurkan konsep peningkatan tersebut melalui program Double Degree dengan menggandeng universitas dalam negeri dan luar negeri.

Ini menjadi langkah awal untuk memenuhi visi Indonesia lima tahun ke depan soal pengembangan sumber daya manusia (SDM). Para ASN yang mengikuti Double Degree disiapkan menjadi reform agent.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin mengatakan reform agent berguna agar ASN paham isu dan masalah internal serta dikolaborasikan dengan konsep dan perkembangan paradigma reformasi birokrasi yang berkembang di dunia, jelasnya dalam acara Launching Program Double Degree, di Jakarta, Rabu (21/8).

Bagi Syafruddin, para ASN dari seluruh instansi pemerintah akan diseleksi dan direkrut untuk menjalani pendidikan di berbagai bidang. Bidang yang akan dipelajari adalah administrasi pemerintahan, kebijakan publik, e-government, reformasi sektor publik, dan ekonomi.

Peserta didik yang terpilih akan menjalani pendidikan selama satu tahun di Universitas Indonesia atau Universitas Hasanuddin. Setelah dinyatakan lulus, mereka akan mengenyam pendidikan selama satu tahun di University of Melbourne atau Victoria University of Wellington.

Kedua universitas ini merupakan universitas yang memiliki reputasi unggul dalam program kebijakan publik serta e-government, jelas Syafruddin.

Melalui pelatihan tersebut, diharapkan ASN nantinya tidak hanya memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang pemerintahan dan birokrasi melalui perspektif nasional, tetapi juga berkesempatan belajar tentang e-Government dan kebijakan publik lewat perspektif global.

Kedepan, Universitas Indonesia akan menjadi garda terdepan dalam mengawal pengembangan SDM Aparatur di wilayah barat, sedangkan Universitas Hasanuddin akan mengawal pengembangan SDM Aparatur di wilayah timur Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here