Cuaca Panas di Brasil Membuat Harga Kopi Arabika Menjadi Mahal

0
223

(Vibizmedia – Commodity) Harga kopi arabika di bursa komoditi berjangka New York ditutup menguat pada hari Senin terpicu kekhawatiran cuaca panas berlebih di Brasil dapat merusak pohon kopi sehingga menekan produksi tanaman kopi.

Harga kopi arabika kontrak bulan Desember 2023 ditutup menguat 2,38% pada 178,65.

Climatempo mengatakan suhu diperkirakan akan mencapai 40 derajat Celcius (104 F) di sebagian besar wilayah penghasil kopi Brasil pada minggu ini, yang dapat merusak pohon kopi dan mengurangi hasil panen.

Curah hujan di bawah normal di Brasil dapat membatasi hasil kopi dan mendukung harga. Somar Meteorologia melaporkan pada hari Senin bahwa wilayah Minas Gerais di Brasil menerima curah hujan 0,8 mm dalam seminggu terakhir, atau 2% dari rata-rata historis. Minas Gerais menyumbang sekitar 30% tanaman arabika Brasil.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga kopi arabika akan mencermati cuaca panas yang diperkirakan berlanjut minggu ini dan memberikan dorongan kenaikan harga kopi arabika. Juga akan mencermati data inflasi AS Oktober yang jika terealisir turun akan menekan dolar AS dan dapat menguatkan harga kopi arabika. Harga kopi arabika diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance 179,18-180,31. Namun jika turun, akan bergerak dalam kisaran Support 177,62-177,05.