Harga Kopi Arabika Sedang Turun Karena Pasokan Meningkat

0
316

(Vibizmedia – Commodity) Harga kopi arabika di bursa komoditi berjangka New York pada hari Kamis berakhir turun dan bertahan di atas level terendah 3 minggu pada hari Rabu di tengah tanda-tanda peningkatan pasokan kopi global.

Harga kopi arabika berjangka kontrak bulan Maret 2024 berakhir turun 0,38% pada 185,55.

Organisasi Kopi Internasional (ICO) melaporkan pada hari Rabu bahwa ekspor kopi global pada bulan November naik +4,1% y/y menjadi 10,61 juta kantong dan kopi Oktober-November ekspor naik +3,1% y/y menjadi 20,25 juta kantong.

Harga kopi Arabika sempat mendapat dukungan di tengah kekhawatiran bahwa cuaca kering baru-baru ini di Brasil akan merusak tanaman kopi. Somar Meteorologia pada 18 Desember melaporkan wilayah Minas Gerais di Brasil hanya menerima curah hujan 35,1 mm dalam seminggu terakhir, atau 65% dari rata-rata historis. Minas Gerais menyumbang sekitar 30% tanaman arabika Brasil.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga kopi arabika akan mencermati perkembangan pasokan, jika terus meningkat, akan dapat menekan harga kopi arabika. Juga akan mencermati pergerakan dolar AS, yang jika data Non Farm Payrolls AS Jumat malam terealisir turun akan dapat menekan dolar AS dan menguatkan harga kopi arabika. Harga kopi arabika diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 184,53-183,52. Namun jika naik, akan bergerak dalam kisaran Resistance 187,08-188,62.