Menikmati Keindahan Selat Bosphorus, Istanbul, Turki

0
537
Pemandangan selat Bosphorus, dipenuhi banyak kapal (Foto: Togu Hasiholan)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Turki adalah salah satu tempat tujuan atau destinasi populer para penikmat wisata. Turki terkenal dengan banyak tempat yang indah dan bersejarah.

Salah satu destinasi yang banyak dikunjungi di Turki adalah Selat Bosphorus. Tempat ini memiliki keindahan yang sangat memukau dan juga memiliki sejarah. Selat Bosphorus adalah sebuah selat yang memisahkan Turki bagian Eropa dan bagian Asia, menghubungkan Laut Marmara dengan Laut Hitam.

 

Selat ini memiliki panjang 30 km, dengan lebar maksimum 3.700 meter pada bagian utara, dan minimum 750 meter antara Anadoluhisar─▒ dan Rumelihisar─▒. Kedalaman selat ini bervariasi antara 36 sampai 124 meter.

Selat ini menghubungkan benua Asia dan Eropa dan menjadi salah satu jalur perdagangan tersibuk di dunia. Selat ini telah menjadi rute strategis dan komersial yang penting sepanjang sejarah, menghubungkan perdagangan maritim antara Laut Hitam dan Mediterania.

Berwisata dengan kapal menelusuri selat Bosphorus banyak dijadikan pilihan para turis yang mengunjungi Istanbul, terlebih jika tidak memiliki banyak waktu untuk mengelilingi Istanbul dengan jalan darat. Tour selat Bosphorus ini biasanya akan melewati sisi Eropa terlebih dahulu, kemudian berbalik ke sisi Asianya. Para penyedia tour biasanya sudah sangat paham dengan keinginan para turis, sehingga akan melambatkan jalannya kapal atau bahkan berhenti saat melewati tempat-tempat penting dan bersejarah.

Pesisir selat ini dihiasi dengan berbagai landmark bersejarah, istana, benteng, dan tempat tinggal di tepi laut. Bosphorus juga terkenal dengan pemandangannya yang menakjubkan, pesisirnya dihiasi dengan perpaduan arsitektur kuno dan modern yang menawan.

Perairan selat yang tenang memberikan latar yang indah, terutama saat matahari terbit dan terbenam ketika langit diwarnai dengan warna-warna cerah, memancarkan cahaya indah di atas lanskap kota.

Selat ini juga dikenal dengan keindahan alamnya. Lereng-lereng bukit di sekitarnya dihiasi dengan tanaman hijau yang rimbun, dan jalur pejalan kaki di tepi laut menawarkan pemandangan selat dan cakrawala kota yang indah. Bosphorus juga menyediakan habitat bagi berbagai spesies laut dan berfungsi sebagai koridor ekologi yang penting.

Tidak sedikit ditemukan masyarakat yang sedang asyik memancing ikan di tepi selat Bosphorus. Aktivitas ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat dari dahulu, bahkan hasil tangkapannya luar biasa banyak.

Secara keseluruhan, Bosphorus bukan hanya jalur air yang vital tetapi juga simbol kekayaan budaya, warisan sejarah, dan kemegahan alam Istanbul. Jadi jangan lewatkan mengunjungi tempat ini jika sedang berwisata ke Turki.

Burung-burung camar yang ramai beterbangan di atas selat Bosphorus (Foto: Togu Hasiholan)