Ambisi India Mengatasi Kendala Pendidikan

0
132
India
Group of happy Gypsy Indian children - sand dunes near a desert village, Thar Desert, Rajasthan, India.

(Vibizmedia-Featured) India memulai pemilu terbesar di dunia dalam sejarah umat manusia pada hari Jumat. Perdana Menteri Narendra Modi diunggulkan, namun siapa pun yang menang akan menghadapi tantangan besar: India sangat membutuhkan lapangan pekerjaan bagi jutaan generasi mudanya, namun sistem pendidikannya sering kali menghasilkan lulusan yang salah.

Jika hal ini tidak dapat diatasi, ambisi India untuk menjadi “lantai pabrik dunia” kedua yang menyaingi Tiongkok dapat terpuruk sebelum hal tersebut benar-benar dimulai.

Ada beberapa pelajaran yang bisa dipetik dari booming perangkat lunak dan outsourcing di India pada tahun 2000an. Sektor teknologi informasi yang terkenal di India melakukan pekerjaan luar biasa dalam melatih siswa di bidang rekayasa perangkat lunak dan bidang terkait. India menghasilkan sekitar 10 juta lulusan pasca sekolah menengah setiap tahunnya, menurut Morgan Stanley.

Ketika India melakukan reorientasi perekonomiannya ke sektor manufaktur, para lulusan tersebut belum tentu merupakan pekerja yang dibutuhkan. Hanya 3,8% dari total tenaga kerja India yang telah menjalani pelatihan kejuruan formal pada pertengahan tahun 2023, menurut data pemerintah.

India mendapat nilai yang cukup baik pada metrik dasar seperti kemampuan melek huruf. Namun menggali lebih dalam mengenai angka-angka tersebut, terutama untuk pendidikan pasca sekolah menengah, menimbulkan kekhawatiran.

Laporan Keterampilan India tahun 2023, yang disusun oleh perusahaan pengujian online Wheebox bekerja sama dengan Konfederasi Industri India dan lembaga lainnya, hanya menunjukkan sedikit peningkatan dalam “kemampuan kerja” di kalangan lulusan muda—meningkat menjadi 50,3% pada tahun 2022 dari 46,2% pada tahun sebelumnya.

Tes Wheebox mengukur keahlian dasar seperti berhitung, kompetensi bahasa Inggris, dan lain-lain. Hanya 28% dan 34% lulusan politeknik dan institut industri yang dapat bekerja pada tahun 2023, menurut Morgan Stanley.

Hal ini menjadi pertanda buruk bagi ambisi India untuk menjadi negara manufaktur kelas berat, kecuali jika hal tersebut berubah dengan cepat. Subsidi pertanian yang besar juga secara artifisial meningkatkan permintaan terhadap buruh tani.

Dengan kata lain, banyak lulusan terpelajar tidak mempunyai keterampilan yang mereka perlukan, sementara banyak pekerja muda dengan pendidikan rendah mempunyai insentif yang kuat untuk tetap tinggal di pedesaan. Meningkatkan alokasi anggaran yang kecil untuk pendidikan dan pengembangan keterampilan serta menciptakan hubungan yang lebih baik dengan industri untuk memberikan pelatihan kejuruan terkini akan membantu.

Pemerintah pusat India saat ini membelanjakan kurang dari 3% produk domestik bruto (PDB) untuk pendidikan. Meskipun pemerintah India telah mengambil langkah-langkah untuk melibatkan sektor swasta, pelatihan keterampilan sebagian besar masih didorong oleh pemerintah.

Ketergantungan tersebut berdampak buruk pada jumlah dan kualitas calon terlatih, menurut National Skill Development Corp yang dibentuk oleh Kementerian Keuangan.

India tidak punya waktu lama untuk mengatasi permasalahan ini: Otomatisasi pabrik menjadi semakin canggih, dan tingkat kesuburan di India sedang menurun, yang pada akhirnya akan mulai mengurangi dividen demografinya.