Event ICA Chef Expo 2024, Perkenalkan Kuliner Nusantara yang Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman

0
122
Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi dalam event Indonesian Chef Association (ICA) Chef Expo Tahun 2024 di Jakarta pada Rabu (8/5/2024) (Foto : Bapanas)

(Vibizmeda – Jakarta) Arief Prasetyo Adi, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengajak segenap stakeholders agar dapat terus memperkenalkan kuliner Nusantara yang mengandung B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman) seluas-luasnya bahkan sampai mendunia dikarenakan semua sumber bahan pangan terdapat di Indonesia.

Arief menyampaikan hal ini saat menghadiri kegiatan Indonesian Chef Association (ICA) Chef Expo 2024 di Jakarta pada Rabu (8/5/2024).

Dalam siaran pers pada Kamis (9/5/2024) Arief menyatakan, ini adalah momentum pengembangan kuliner Nusantara karena sumber-sumber pangan di Indonesia ini luar biasa dan ini yang harus kita disampaikan ke luar bahwa masakan-masakan Indonesia ini juga tidak kalah. Semua source dan raw material ada di Indonesia. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Jokowi yang meminta agar terus mengoptimalkan hasil pangan dalam negeri.

Kuliner Nusantara yang berbasiskan pangan lokal merupakan salah satu keunggulan Indonesia. Peluang itu yang didayagunakan Bapanas dalam memasyarakatkan kuliner yang bernafaskan B2SA.

Arief mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi makanan B2SA dapat membentuk generasi unggul guna menopang Indonesia Emas 2045. Arief menambahkan bahwa Indonesia diunggulkan bukan hanya letak demografinya, namun juga menjadi lumbung pangan dunia.

Arief menambakan, hal ini jadi momentum yang sangat baik, sehingga nanti bonus demografi nanti bukan sekadar bonus demografi saja, tetapi pangannya bernutrisi, sehat, dan aman, serta dapat membentuk generasi Indonesia emas 2045. Sudah waktunya semua dikembalikan ke Indonesia, sumber pangannya dari Indonesia. Indonesia bisa jadi lumbung pangan dunia, karena pernah jadi produsen terbesar.

Arief menuturkan jalinan kerja sama antara Bapanas dengan ICA merupakan kolaborasi yang positif selama ini dalam memformulasikan menu makanan yang enak dan sehat dapat menjadi kunci kebijakan pemerintah.

“Saya ucapkan terima kasih kepada ICA, karena kita kampanye B2SA kemana-mana selama 3 tahun ini bareng ICA. Nanti Juli kita akan perpanjang lagi kerja samanya. Terkait dengan rencana program makan siang gratis, saya berharap para chef termasuk nutrisionis terlibat dalam merancang program ini,” ucap Kepala Bapanas tersebut.

Arief menerangkan bahwa perlu nya pengawalan dalam menjaga makanan yang dikonsumsi anak-anak, sehingga program makan siang gratis yang nantinya akan dicanangkan pemerintah dapat memberikan dampak positif bagi anak-anak sekolah.

“Kita harus kawal sama-sama bahwa makanan ke anak-anak sekolah kita nanti itu makanan yang benar-benar B2SA. Makanan yang dari local source, dari sumber pangan dari Indonesia. Jadi program makan siang gratis itu, kita harus sukseskan sama-sama ke depan. Tujuannya sangat mulia, sehingga kita berikan masukan terbaik, termasuk menunya,” terang Arief.

Dalam perhelatan ICA Expo 2024 itu, Bapanas berpartisipasi dengan menghadirkan stan yang mengusung tema keanekaragaman pangan lokal dan edukasi tentang B2SA dan keamanan pangan.

Stan Bapanas sendiri turut diisi Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) seperti Sagolicious, Singkong Keju D9 Salatiga, dan Kressh. Selain itu, terlibat pula dalam pelaksanaan lomba B2SA Food Display Challenge.

Presiden ICA Susanto mengatakan pihaknya berkomitmen dalam melestarikan kuliner Nusantara yang sehat sampai mendunia.

“Kami itu memang bekerjasama dengan Badan Pangan Nasional sudah cukup lama dan kami harapkan tidak putus. ICA itu memang sekarang sangat concern pada makanan sehat dan tentunya juga khusus makanan Indonesia. Kami punya komitmen untuk menduniakan makanan Indonesia,” ujar Susanto.

Turut hadir mendampingi Kepala Bapanas. Penasehat Dharma Wanita Persatuan Bapanas Neila Aisha Arief Prasetyo Adi, Deputi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Bapanas Andriko Noto Susanto, Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan Bapanas Rinna Syawal, Chef Sisca Soewitomo dan beserta seluruh anggota ICA.