Google Menerapkan Visinya Terhadap AI di Mana pun

Para eksekutif Google menunjukkan visi masa depan mereka, di mana AI membantu orang bekerja, merencanakan kehidupan mereka, menavigasi dunia fisik dan mendapatkan jawaban atas pertanyaan secara langsung.

0
553
Google
Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Googleplex, Amerika Serikat. FOTO : SETPRES/LAILY

(Vibizmedia-Kolom) Dalam pidato dan demonstrasi di konferensi developer tahunan perusahaan pada hari Selasa (14/05/24), para eksekutif Google menunjukkan visi masa depan mereka, dimana AI membantu orang bekerja, merencanakan kehidupan mereka, menavigasi dunia fisik dan mendapatkan jawaban atas pertanyaan secara langsung. Ini akan mengubah cara kerja internet selamanya.

Dalam perombakan terbesar pada mesin pencari Google dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan tersebut mengatakan akan meluncurkan jawaban-jawaban yang dihasilkan oleh AI pada hasil pencarian teratas semua orang di Amerika Serikat pada minggu ini, dan kepada satu miliar penggunanya di seluruh dunia pada akhir tahun ini. Ini juga mendorong asisten suara baru dan lebih baik yang dapat menjawab pertanyaan dengan lebih terampil dari sebelumnya.

Alih-alih menghubungkan orang ke web yang lebih luas, AI Google kini akan melakukan pembacaan dan penelitian untuk mereka, merangkum situs web, video, dan postingan media sosial ke dalam “ikhtisar” yang mencakup segala hal yang perlu mereka ketahui tentang topik tertentu. “Google akan melakukan pencarian, penelitian, perencanaan, brainstorming dan masih banyak lagi. Yang perlu Anda lakukan hanyalah bertanya,” kata Elizabeth Reid, kepala pencarian Google, di atas panggung.

Banyaknya fitur AI baru terjadi ketika raksasa teknologi ini telah mengeluarkan puluhan miliar dolar untuk membangun alat AI guna merespons persaingan dari Meta, Microsoft, pembuat ChatGPT OpenAI, dan sejumlah startup AI yang sedang naik daun. Fitur AI akan ditampilkan secara jelas di seluruh produk Google, termasuk Google Documents, Google Foto, Gmail, dan YouTube.

Para peneliti Google menemukan banyak teknologi inti yang mengawali perlombaan AI ini, namun selama setahun terakhir, perusahaan tersebut mengalami kemunduran, karena banyak orang di industri ini yang menganggap teknologinya tertinggal dibandingkan OpenAI.

Baca juga : Apa itu Artificial General Intelligence (AGI)

Pada hari Selasa, Google berusaha membuktikan bahwa mereka masih menjadi raja dunia AI, dengan memamerkan peningkatan pada model inti AI-nya, yang disebut Gemini. Di luar konferensi tersebut, yang berlangsung di amfiteater terbuka dekat kantor pusat Google, pengunjuk rasa pro-Palestina berkumpul untuk menuntut perusahaan tersebut menghentikan kerja samanya dengan pemerintah dan militer Israel. Pada bulan April, Google memecat 50 pekerja karena melakukan aksi duduk di kantor perusahaan untuk memprotes kontraknya dengan Israel.

Jawaban AI mengambil alih pencarian

Google membuat perubahan terbesar pada mesin pencarinya sejak meluncurkan produk intinya lebih dari 20 tahun yang lalu. Kini, alih-alih menampilkan tautan ke situs lain atau cuplikan situs tersebut di bagian atas hasil pencarian, perusahaan akan menggunakan AI untuk meringkas situs web dan memberikan jawaban multi-paragraf atas permintaan pencarian.

Perubahan tersebut telah diuji publik selama setahun, namun minggu ini, Google mengonfirmasi bahwa mereka akan secara agresif memperkenalkannya kepada ratusan juta penggunanya di Amerika Serikat dan lebih jauh lagi di luar negeri, baik mereka ingin menggunakannya atau tidak. Perubahan ini merupakan bagian dari visi yang lebih luas yang digariskan oleh CEO Google Sundar Pichai, di mana Google akan menjadi pusat bagaimana informasi diakses oleh semua orang. Perusahaan akan menyerap komentar media sosial, video online, dan artikel berita, lalu mengolah informasi tersebut menggunakan AI, lalu menyebarkannya lagi dalam format apa pun yang diinginkan penggunanya.

Penerbit memperingatkan bahwa perubahan ini dapat menghancurkan bisnis mereka, karena semakin banyak orang yang menemukan jawabannya langsung di Google dan tidak mengklik sumber informasinya. Google menyatakan tidak ingin merusak web yang terbuka dan tetap memprioritaskan pengiriman lalu lintas ke situs web. Pengguna tidak dapat mematikan jawaban AI, meskipun mereka menginginkannya.

Bot AI Gemini menjadi lebih pintar

Model AI andalan Google — jawabannya terhadap GPT-4 OpenAI — disebut Gemini. Perusahaan mendemonstrasikan kemampuannya, seperti menunjukkan rak buku melalui kamera ponsel dan membuatnya dengan cepat membuat spreadsheet dari semua buku dan penulisnya. Dalam pengarahan sebelum acara, Google menunjukkan video seorang karyawan berjalan melewati kantor dengan kamera ponsel terbuka, menanyakan pertanyaan kepada Gemini. AI menganalisis kode komputer pada monitor stasiun kerja, melihat ke luar jendela dan mengidentifikasi lingkungan tempat orang tersebut berada dan bahkan membuat nama cerdas untuk sebuah band yang terdiri dari anjing golden retriever kantor dan boneka mainan harimau — “Golden Stripes.”

Versi Gemini yang sudah diperbaiki tersedia untuk semua developer di seluruh dunia, dan untuk konsumen yang membayar versi lanjutan dari aplikasi AI Google. Sehari sebelumnya, OpenAI telah memamerkan alat serupa, meminta chatbot AI miliknya untuk mendeskripsikan sebuah ruangan dan aktivitas orang-orang di dalamnya.

Perusahaan juga mengatakan bahwa Gemini kini dapat mengambil instruksi yang lebih kompleks. Misalnya, seorang mahasiswa dapat mengunggah keseluruhan makalah tesisnya dan meminta masukan atau ide tentang cara mengubahnya.

Alat video AI baru

Perusahaan AI generatif, termasuk Google, ingin merevolusi cara orang membuat gambar visual, audio, dan film. Pada konferensi I/O, Perusahaan juga mengumumkan alat AI penghasil video baru yang disebut Veo, yang bertujuan untuk bersaing dengan Sora dari OpenAI. Veo menghasilkan video definisi tinggi yang berdurasi lebih dari satu menit, ambang batas yang belum dicapai Google.

Baca Juga : Microsoft Akan Mendukung AI di Indonesia

Dalam kesempatan itu dipamerkan juga alat AI penghasil gambar baru yang disebut Imagen 3, yang dimaksudkan untuk bersaing dengan Dall-E 3 dari OpenAI. Teknologi ini memungkinkan orang menghasilkan gambar yang tampak realistis dengan perintah teks.

Lebih banyak aplikasi AI untuk bekerja

Google telah memasukkan fitur AI ke dalam rangkaian aplikasi produktivitasnya termasuk Gmail, Dokumen, Drive, dan Spreadsheet selama setahun terakhir. Di I/O, perusahaan mengumumkan beberapa perubahan baru, memungkinkan pengguna untuk meringkas kelompok email dari pengirim yang sama, menambahkan rincian dari Doc dalam email atau menggabungkan konten dari spreadsheet ke dalam presentasi Slide.

Perusahaan juga akan mulai mengizinkan orang meminta AI Google untuk menemukan detail spesifik dalam dokumen dan menambahkannya ke email. Fitur “bantu saya menulis”, yang menghasilkan teks dari awal, juga akan segera tersedia dalam bahasa Spanyol dan Portugis.

Gemini AI-nya juga dapat digunakan untuk mengajari anak-anak tentang konsep-konsep baru, memintanya menjelaskan fisika di balik bagaimana bola basket menggelinding dan memantul.

Fitur AI untuk Android

Google memiliki sistem operasi ponsel pintar Android, yang berjalan di sebagian besar ponsel di seluruh dunia. Perusahaan ini mencoba membuat Android lebih menarik dibandingkan iOS milik Apple dengan memasukkan lebih banyak AI ke dalam sistem operasi itu sendiri. Salah satu fitur yang ditingkatkan, disebut Circle to Search, memungkinkan seseorang melingkari apa pun yang ingin mereka tanyakan atau ingin informasi lebih lanjut dan segera mendapatkan hasil pencarian. Pengguna juga dapat membuat gambar untuk pesan teks dengan bertanya pada Gemini.

Scam calls telah menjadi masalah yang lebih besar karena generator suara AI memungkinkan penipu meniru orang sungguhan. Android mempratinjau fitur yang akan mendengarkan dan menyela panggilan dengan pemberitahuan kepada pengguna jika menurutnya panggilan tersebut berasal dari penipu, seperti jika penelepon meminta informasi rekening bank.