Forum Dua Tahunan Sistem Transportasi Cerdas Asia Pasifik Siap Digelar di Jakarta Convention Center

0
132
Forum Sistem Transportasi Cerdas Asia Pasifik atau The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum 2024. (Foto : Kemenhub)

(Vibizmedia – Jakarta) Indonesia siap menjadi tuan rumah Forum Sistem Transportasi Cerdas Asia Pasifik atau The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum pada 28 – 30 Mei 2024. Forum dua tahunan ini akan diselenggarakan Jakarta Convention Centerr dengan tema Transformation Towards A Sustainable and Intelligent Urban Mobility.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, forum Sistem Transportasi Cerdas Asia Pasifik bertujuan untuk mempertemukan dan memberi ruang kepada stakeholders, experts, pemangku kebijakan, dan industri. Forum itu juga berguna sebagai tempat pengembang teknologi saling bertukar ide, berbagi inovasi, serta mendiskusikan kemajuan terbaru dalam ITS.

Pada Rabu (22/5/2024) Menhub menyampaikan bahwa pada pertemuan ini akan dilakukan pertukaran pengetahuan, berbagi pengalaman, praktik, dan pelajaran terkait penerapan ITS di negara-negara Asia Pasifik, termasuk mengeksplorasi mekanisme pendanaan dan investasi dalam penerapan ITS di Asia Pasifik untuk mewujudkan sistem transportasi yang berkelanjutan.

Ia mengatakan, penerapan ITS melalui transformasi bidang transportasi menjadi prioritas Pemerintah Indonesia. Hal ini untuk mewujudkan sistem transportasi berkelanjutan yang didukung teknologi cerdas, juga sejalan dengan visi Pemerintah menuju Indonesia Emas 2045 yaitu mewujudkan penurunan intensitas emisi gas rumah kaca dan net zero emission.

Menhub menjelaskan, salah satu langkah perwujudan tersebut adalah dengan pembangunan Nusantara sebagai Ibu Kota Negara yang didesain dengan penerapan transportasi dan mobilitas cerdas serta ramah lingkungan. Ibu Kota Nusantara diharapkan menjadi pionir kota berbasis transportasi cerdas, terintegrasi dan berkelanjutan, melalui penerapan sistem Area Traffic Control, Electronic Toll Collection, Bus Rapid Transit, dan Autonomous-Rail Rapid Transit.

Forum Sistem Transportasi Cerdas Asia Pasifik akan diikuti menteri transportasi atau perwakilan dari negara-negara kawasan Asia Pasifik, duta besar negara asing di Jakarta, pimpinan BUMN dan BUMD, kepala daerah, pimpinan organisasi internasional, serta pimpinan sektor swasta.

Adapun rangkaian acara yang digelar antara lain Opening Ceremony, High Level Roundtable, Plenary Session, High-Level Panel, Special Interest Session, Exhibition, Technical Tour, serta Gala Dinner.

Presiden ITS Indonesia William Sabandar mengatakan, forum itu akan meluncurkan Jakarta Initiative on Sustainable and Intelligent Urban Mobility. Ini merupakan kerja sama antar pemangku kepentingan dunia usaha dalam negeri yang diwakili KADIN Indonesia, asosiasi transportasi yang diwakili ITS Indonesia dan ITS Asia Pacific, juga aliansi masyarakat sipil global yang diwakili the 5P Global Movement.

William menegaskan, forum ini harus menjadi momentum bagi pemangku kepentingan transportasi di Indonesia untuk terus melakukan transformasi ke arah yang lebih baik. Inisiatif ini juga menandakan langkah konkret dari pernyataan bersama yang disepakati, yaitu percepatan pengembangan dan penerapan solusi ITS di Indonesia, untuk membuka jalan bagi pembangunan transportasi yang lebih berkelanjutan dan efisien.