Tetap Produktif Di Era New Normal

0
30681
Ilustrasi jaga jarak. FOTO: FREEPIK

(Vibizmedia-Manajemen) Memasuki New Normal banyak orang kembali ke dunia kerja dengan kehidupan baru yang seharusnya menjalankan protokol kesehatan. Seharusnya? Ya seharusnya, sebab sebenarnya protokol kesehatan ini adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar bila ingin diri sendiri hidup sehat tanpa tertular COVID-19. Bahkan bukan hanya untuk diri sendiri melainkan juga untuk orang lain. Memang merupakan sesuatu yang sangat berbeda dari masa yang lalu, namun harus kita jalani.

Ketika kembali ke dunia kerja, bersiaplah untuk kembali mencurahkan tenaga dan pikiran Anda dengan optimal. Tentunya semua kita dituntut untuk tetap produktif di dunia kerja kita masing-masing. Tidak ada penurunan standar untuk produktifitas kerja seseorang terkait pandemi yang sedang berlangsung. Produktif itu sendiri sederhananya adalah bagaimana dengan input yang terbatas bisa menghasilkan ouput yang maksimal. Nah, bagaimana caranya agar tetap produktif di hari-hari ini, ditengah-tengah situasi yang banyak keterbatasan?

Berikut ini tips untuk dapat tetap produktif:

1. Optimalkan kerja otak Anda
Walau di tempat bekerja kita wajib menggunakan masker, otak kita tetap membutuhkan oksigen untuk dapat berpikir. Itu sebabnya carilah masker yang tetap breathable. Dianjurkan bagi Anda yang sehat gunakanlah masker kain 3 lapis, memiliki lapisan bahan yang tidak menyerap air /droplet. Pastikan Anda bisa bernafas dengan baik. Di tengah pekerjaan berhentilah sejenak untuk menarik nafas panjang dan membuang nafas sebagai breathing exercise.

2. Buatlah schedule dan target untuk apa yang Anda akan lakukan sepanjang hari ini . Jam kerja di kantor mungkin lebih pendek dari biasanya ataupun berlaku kerja shift dimana tidak setiap hari Anda masuk bekerja. Walaupun waktu yang Anda miliki untuk bersama dengan team Anda terbatas, namun kelolalah waktu Anda sedemikian rupa agar selalu efektif bila berada di kantor.

3. Jangan stress
Stress hanya akan menurunkan produktifitas dan tidak akan menolong anda sama sekali. Stress hanya akan membuat Anda sulit berpikir dan menemukan ide-ide yang baru. Stress hanya akan menurunkan imunitas tubuh Anda, membuat Anda mudah merasa lelah dan tidak merasa hari-hari Anda menyenangkan. Stress hanya akan mengurung anda dalam ketidakmampuan berbuat apa-apa. Walau kondisi New Normal menuntut untuk memakai masker, rajin cuci tangan, social distancing namun lakukan saja tanpa merasa terbebani dan tanpa merasa itu mengurangi ketidaknyamanan Anda dalam bekerja. Hadapi situasi yang ada dengan santai sehingga semangat kerja tidak berkurang.

4. Jagalah kondisi kesehatan pribadi Anda
Tidak ada orang sakit yang dapat produktif. Hanya orang sehatlah yang dapat produktif. Jagalah kondisi kesehatan pribadi Anda dengan makan makanan yang bergizi. Perhatikanlah porsinya dimana karbohidrat justru hanya sepertiga dari piring nasi Anda, setengahnya berisi sayuran dan seperenamnya adalah protein baik protein hewani maupun nabati. Jangan lupa juga minum yang cukup dan boleh minum supplemen seperti probiotik, multivitamin untuk menambah imunitas Anda.

Selamat bekerja dengan produktif! Salam sehat selalu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here