Waspadai Pergeseran Pasar Energi Global

Bagi para pelaku ekonomi di Indonesia mesti meningkatkan kekuatan dalam negeri baik dari sisi produksi maupun konsumsi. Termasuk kemandirian energi pada energi hijau adalah harapan yang memperkokoh kekuatan ekonomi Indonesia.

0
7397
energi
Ilustrasi: Kilang Pertamina Cilacap (Foto: ESDM)

(Vibizmedia-Kolom) Pada tahun 1945, Presiden AS Franklin Delano Roosevelt bertemu dengan Raja Saudi Abdul Aziz Ibn Saud di kapal penjelajah Amerika USSQuincy. Itu adalah awal dari salah satu aliansi geopolitik terpenting dalam 70 tahun terakhir, di mana keamanan AS di Timur Tengah ditukar dengan minyak yang dipatok dalam dolar. Aliansi ini membuat peranan dolar menjadi sangat penting dalam ekonomi dunia dan membuat Amerika menjadi negara Super Power.

Namun waktu berubah, dan 2023 dapat dikenang sebagai tahun di mana tawar-menawar besar ini mulai bergeser, saat tatanan energi dunia baru antara Tiongkok dan Timur Tengah mulai terbentuk.

Sementara Tiongkok untuk beberapa waktu telah membeli minyak dan gas alam cair dalam jumlah yang meningkat dari Iran, Venezuela, Rusia dan sebagian Afrika dengan mata uangnya sendiri, pertemuan Presiden Xi Jinping dengan para pemimpin Dewan Kerjasama Teluk dan Saudi pada bulan Desember menandai “kelahiran petroyuan”, seperti yang dicatat oleh analis Credit Suisse Zoltan Pozsar kepada klien-kliennya.

Menurut Pozsar, “Tiongkok ingin menulis ulang aturan pasar energi global”, sebagai bagian dari upaya yang lebih besar untuk menghilangkan dolar dari apa yang disebut negara-negara Bric di Brasil, Rusia, India, dan Tiongkok, dan banyak bagian dunia lainnya. setelah mempersenjatai cadangan devisa dolar menyusul invasi Rusia ke Ukraina.

Apa artinya itu dalam praktek sehari-hari? Sebagai permulaan, lebih banyak perdagangan minyak akan dilakukan dalam renminbi((satuan mata uangnya disebut Yuan). Xi mengumumkan bahwa, selama tiga sampai lima tahun ke depan, Tiongkok tidak hanya akan secara dramatis meningkatkan impor dari negara-negara GCC – Co-operation Council for the Arab States of the Gulf () yang terdiri dari Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Saudi Arabia, United Arab Emirates – tetapi juga bekerja menuju “kerja sama energi semua dimensi”. Ini berpotensi melibatkan eksplorasi dan produksi bersama di tempat-tempat seperti Laut Cina Selatan, serta investasi di kilang, bahan kimia, dan plastik. Harapan Beijing adalah semua itu akan dibayar dalam Renminbi, di Shanghai Petroleum and Natural Gas Exchange, paling cepat tahun 2025.

Itu akan menandai perubahan besar dalam perdagangan energi global. Seperti yang ditunjukkan Pozsar, Rusia, Iran, dan Venezuela menyumbang 40 persen cadangan minyak dari OPEC+cadangan lain di dunia, dan semuanya menjual minyak ke Tiongkok dengan diskon besar. Negara-negara GCC menyumbang 40 persen cadangan minyak lainnya. 20 persen sisanya berada di wilayah dalam orbit Rusia dan Tiongkok.

Mereka yang meragukan kebangkitan petroyuan, dan berkurangnya sistem keuangan berbasis dolar pada umumnya, sering menunjukkan bahwa Tiongkok tidak menikmati tingkat kepercayaan global, supremasi hukum, atau cadangan likuiditas mata uang yang sama seperti yang dinikmati AS, membuat negara lain tidak mungkin mau berbisnis dalam renminbi.

Mungkin, pasar minyak didominasi oleh negara-negara yang memiliki lebih banyak kesamaan dengan Tiongkok (setidaknya dalam hal ekonomi politik) dibandingkan dengan Amerika Serikat. Terlebih lagi, orang Tiongkok telah menawarkan jaring pengaman keuangan dengan membuat renminbi dapat dikonversi menjadi emas di bursa emas Shanghai dan HongKong.

Meskipun ini tidak menjadikan renminbi sebagai pengganti dolar sebagai mata uang cadangan, namun perdagangan petroyuan tetap memiliki implikasi ekonomi dan keuangan yang penting bagi pembuat kebijakan dan investor.

Untuk satu hal, prospek energi murah sudah memikat bisnis industri barat ke Tiongkok. Pertimbangkan langkah terbaru BASF Jerman untuk mengurangi ukuran pabrik utamanya di Ludwigshafen dan mengalihkan operasi kimia ke Zhanjiang. Ini bisa menjadi awal dari apa yang disebut Pozsar sebagai tren “farm to table” di mana Tiongkok mencoba menangkap lebih banyak produksi bernilai tambah secara lokal, menggunakan energi murah sebagai daya pikat. (Sejumlah pabrikan Eropa juga meningkatkan pekerjaan di AS karena biaya energi yang lebih rendah di sana.) Farm-to-table, secara umum, merupakan istilah yang mengacu pada tahapan produksi makanan, mulai dari panen, penyimpaan, pengemasan, penjualan hingga konsumsi.

Petropolitik disertai dengan risiko keuangan dan juga keuntungan. Perlu diingat bahwa daur ulang petrodolar oleh negara-negara kaya minyak ke pasar negara berkembang seperti Meksiko, Brasil, Argentina, Zaire, Turki, dan lainnya oleh bank komersial AS sejak akhir 1970-an dan seterusnya menyebabkan beberapa krisis utang pasar negara berkembang. Petrodolar juga mempercepat penciptaan ekonomi yang lebih spekulatif dan dipicu oleh utang di AS, karena bank-bank yang dibanjiri uang tunai menciptakan segala macam “inovasi” keuangan baru, dan masuknya modal asing memungkinkan AS untuk mempertahankan defisit yang lebih besar.

Tren itu sekarang mungkin mulai berbalik arah. Sudah ada lebih sedikit pembeli asing untuk Departemen Keuangan AS. Jika petroyuan lepas landas, itu akan menyulut api de-dolarisasi. Kontrol China atas lebih banyak cadangan energi dan produk yang dihasilkannya dapat menjadi kontributor baru yang penting bagi inflasi di barat. Ini adalah masalah yang lambat, tapi mungkin tidak selambat yang dipikirkan beberapa pelaku pasar.

Apa yang harus dilakukan oleh pembuat kebijakan dan pemimpin bisnis? Para kepala eksekutif perusahaan-perusahaan multinasional, harus mencari regionalisasi dan lokalisasi produksi sebanyak mungkin untuk melakukan lindung nilai terhadap pasar energi multipolar. Sekarang juga perlu dilakukan lebih banyak integrasi vertikal untuk mengimbangi peningkatan inflasi dalam rantai pasokan.

Para pembuat kebijakan AS, perlu memikirkan bagaimana caranya untuk meningkatkan produksi shale Amerika Utara dalam jangka pendek hingga menengah (dan menawarkan potongan harga kepada orang Eropa), sekaligus mempercepat transisi hijau. Itulah alasan lain mengapa orang Eropa tidak boleh mengeluh tentang Undang-Undang Pengurangan Inflasi, yang mensubsidi produksi energi bersih di AS. Kenaikan petroyuan harus menjadi insentif bagi AS dan Eropa untuk menjauh dari bahan bakar fosil secepat mungkin.

Bagi para pelaku ekonomi di Indonesia mesti meningkatkan kekuatan dalam negeri baik dari sisi produksi maupun konsumsi. Hal ini untuk melindungi ekonomi Indonesia dari goncangan global yang disebabkan pergeseran-pergesaran yang terjadi. Indonesia telah diselamatkan dari guncangan global karena sebagaian ekonominya bergantung pada ekonomi domestik. Termasuk kemandirian energi pada energi hijau adalah harapan yang memperkokoh kekuatan ekonomi Indonesia.