Lima Faktor yang Mempengaruhi Harga Minyak Dunia

Jika permintaan minyak benar-benar mengejutkan, angka-angka ini dapat memberikan dukungan untuk harga minyak mentah

0
7605
Harga Minyak

(Vibizmedia- Kolom) Apa saja faktor yang mempengaruhi harga minyak pada tahun 2023? Paling tidak ada lima faktor yang mempengaruhi harga minyak dunia. Menentukan ke mana minyak mentah akan pergi dalam beberapa bulan mendatang dengan latar belakang ekonomi yang sedang demam.

Harga minyak dan gas turun sejauh ini pada tahun 2023 dan keduanya diperdagangkan kembali seperti setahun yang lalu. Ini adalah kabar yang baik ketika para gubernur bank sentral, politisi, perusahaan, dan konsumen mencari kabar baik ketika tampaknya ada begitu banyak hal buruk.

Harga energi yang lebih tinggi memicu inflasi, membatasi margin laba perusahaan, dan bertindak sebagai pajak bagi konsumen. Oleh karena itu kebalikannya berlaku, jadi kelemahan harga minyak dan gas akan menjadi bonus besar untuk keempat kelompok dan juga pasar keuangan potensial.

Jika tingkat inflasi yang berlaku mereda dan terus melakukannya, maka para gubernur bank sentral dapat menghentikan kenaikan suku bunga dan kemudian beralih ke penurunan suku bunga – atau setidaknya itulah teorinya.

Untuk saat ini, para analis tampaknya cenderung percaya bahwa harga minyak dan gas akan turun pada tahun 2023 dan 2024, karena mereka memperkirakan penurunan sepertiga laba operasi dari tujuh perusahaan minyak utama Barat antara tahun 2022 dan 2024 (dan itu sebelum perubahan tagihan bunga atau pajak – earning before interest and tax).

Pertanyaannya adalah apakah para analis ini benar? Ada lima faktor yang mungkin perlu diikuti oleh investor untuk melihat lintasan harga energi mana yang akan diambil pada tahun 2023 dan seterusnya.

  1. Pertumbuhan ekonomi atau Resesi Global

Sejarah menunjukkan tidak banyak penurunan konsumsi minyak untuk memukul harga dengan keras, mengingat betapa rapuhnya keseimbangan antara penawaran dan permintaan.

Harga minyak mentah jatuh pada tahun 1980, 1991, 2001, 2008 dan 2020 karena resesi melanda rumah dan perlambatan atau penurunan pada tahun 2023 dapat terulang kembali.

Pedagang minyak ketakutan pada paruh kedua tahun 2022 dan ketakutan pada awal 2023, terutama karena ekonomi terbesar kedua dunia, Tiongkok, telah berjuang untuk membuka kembali secepat yang diharapkan beberapa orang.

Sama halnya, jika pandemi dan lockdown telah membatasi permintaan selama tiga tahun terakhir, jadi jika Tiongkok akhirnya dapat menghilangkan Covid maka ada kemungkinan permintaan minyak akan meningkat.

OPEC memperkirakan peningkatan permintaan rata-rata 700.000 barel per hari dari Tiongkok dan ini mendukung perkiraan kartel bahwa permintaan global akan meningkat sekitar 2,7 juta barel per hari secara total pada tahun 2023.

  1. Geopolitik

Solusi damai dan penarikan Rusia dari Ukraina – yang didorong oleh sanksi internasional atau tekanan internal – dapat membantu pasokan minyak, atau setidaknya menghilangkan tekanan dari beberapa jaringan pipa utama.

Namun, sanksi, atau pembatasan harga, terhadap Rusia, Iran, dan Venezuela, serta ketidakstabilan yang sedang berlangsung di Libya, anggota OPEC, semuanya dapat membatasi pasokan, sementara OPEC juga tampaknya ingin mengelola produksinya sehingga harga minyak didukung dengan baik dan pengurangan produksi tetap ada sebagai alat kunci dalam gudang senjata kartel. Dengan permintaan yang masih diperkirakan akan tumbuh, setiap pembatasan pasokan minyak dapat meningkatkan harga.

  1. Cadangan Petroleum Strategis Amerika

Untuk mencoba dan membatasi minyak, Amerika Serikat telah menurunkan cadangan minyak strategisnya menjadi 375 juta barel, jauh di bawah kapasitas maksimum 714 juta dan angka terakhir terlihat pada Desember 1983.

Penurunan tajam dalam stok reguler dapat meningkatkan permintaan Amerika Serikat di masa depan, terutama karena pemerintahan Biden tampaknya sudah mati terhadap pengeboran lebih lanjut atas dasar lingkungan, dan pada tahap tertentu Amerika pasti ingin mengisi kembali cadangannya untuk menopang keamanan energi nasionalnya.

  1. Tren Jangka Panjang Energi Terbarukan

Dokumen Outlook Minyak Dunia OPEC dari tahun 2022 memperkirakan bahwa energi terbarukan (terutama angin dan matahari) akan menjadi sumber pasokan energi yang tumbuh paling cepat antara sekarang dan 2045, dengan gas memainkan peran yang jauh lebih besar, nuklir, hidro, dan biomassa masuk, minyak masuk secara luas datar dan batubara mengalami penurunan tajam.

Bahkan jika OPEC memperkirakan hal ini, kondisi ladang minyak akan jadi perdebatan, maka pasti ada bahaya nyata bahwa ladang minyak menjadi aset yang terlantar karena sumber energi lain datang.

Bahkan OPEC mengharapkan pertumbuhan yang cepat dalam permintaan energi terbarukan.Harga Minyak

Source: OPEC World Oil Outlook 2022

5. Tingkat Investasi Dalam Penawaran Yang Rendah

Mengingat tekanan publik dan politik untuk tidak berinvestasi dalam pasokan hidrokarbon atas dasar lingkungan, perusahaan minyak mengambil perhatian, karena takut akan rusaknya reputasi, ketaatan pada peraturan, keuntungan dari dispensasi pajak atau kombinasi dari ketiganya.

Capex meningkat lagi tetapi termasuk jumlah agregat dari perusahaan minyak Barat termasuk investasi dalam energi terbarukan dan sumber energi alternatif.

Mereka juga meninggalkan anggaran capex agregat hampir setengah dari puncak yang pernah terjadi pada tahun 2013 dalam dolar; hanya dengan satu kali depresiasi dibandingkan dengan tahun 2013 yang hampir dua kali lipat; dan rasio belanja modal/penjualan hanya sebesar 7,6% pada tahun 2024, sekali lagi jauh di bawah puncak tahun 2015 sebesar 13%.

Jika permintaan minyak benar-benar mengejutkan, angka-angka ini dapat memberikan dukungan untuk harga minyak mentah, karena mungkin tidak mudah untuk mengakomodasi kenaikan harga dengan cepat.