Serba Serbi Kehidupan Sosial Masyarakat Vietnam

0
676
Toko bunga di Vietnam (Foto: Riris Yunita)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Vietnam merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang menjadi salah satu tujuan wisata yang paling diminati. Selain pemandangan alam nya, maka berbagai variasi kuliner dengan kopi Vietnam nya yang populer menjadi tujuan wisatawan.

Google Destination Insight menyatakan bahwa Vietnam merupakan merupakan negara wisata tujuan yang paling diminati dan masuk dalam urutan ke 20 destinasi favorit negara-negara di Asia Tenggara.

Biro pariswisata Vietnam sendiri menyatakan bahwa jumlah wisata dari berbagai negara yang berkunjung ke Vietnam mencapai kurang lebih 10 juta wisatawan.

Hal menarik yang dapat dilihat selain dari pemandangan dan kuliner nya adalah keunikan kehidupan masyarakat Vietnam. Salah satunya adalah cara hidup mereka dimana hampir di setiap rumah membuka tempat makan atau cafe untuk tempat nongkrong.

Kehidupan di Trotoar Jalan

Yang dapat diperhatilkan juga adalah hampir sebagian besar orang-orang Vietnam menghabiskan waktu mereka di trotoar. Dengan membuka cafe, semacam warung makanan untuk berburu kuliner makanan, juga toko-toko listrik, backan pernak- pernik khas Vietnam. Budaya hidup di trotoar ini seperti nya sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Vietnam, sehingga sebagai wisatawan maka kita akan seperti diajak untuk tidak bisa berdiam saja di dalam tempat penginapan kita. Entah untuk menikmati makanan khas Vietnam yaitu Pho, Bánh Mì, Goi Cuon, tentu saja dengan kopi khas Vietnam yaitu egg coffee.

Mereka seperti berlomba untuk menarik setiap orang yang akan lalu lalang di depan toko-toko atau tempat makan mereka, dimana mereka sudah menyediakan bangku-bangku plastik berukuran kecil.

Kita sepertinya tidak akan kesulitan untuk melihat kehidupan masyarakat Vietnam secara terbuka. Semua ada tersaji di depan trotoar jalan, cafe-cafe yang seperti berbaris dengan menawarkan keunikan masing-masing.

Ada juga toko-toko bunga dan penjaja bunga dan juga buah-buahan, bahkan ada juga permainan catur dadakan dan tablo fotogenik yang tidak dapat terhitung jumlah nya.

Masyarakat Vietnam sangat menyukai bunga-bunga segar dan seperti sudah merupakan sebuah kebiasaan untuk memberikan bunga kepada orang spesial atau merayakan hari spesial seperti ulang tahun, wisuda atau moment-moment tertentu.

Beberapa makanan yang terdapat di trotoar Vietnam dinyatakan sebagai makanan terenak, terlezat di Asia Tenggara. Mulai dari jajanan cemilan yang manis lengket hingga semangkuk mie yang luar biasa, kita akan menemukan banyak sekali camilan menarik yang ada dan disajikan di jalanan. Juga bisa memesan bánh mì dan bisa langsung melihat bagaimana pembuatan nya di tepi jalan.

Semakin sibuk orang yang menjual, maka kita akan tahu semakin besar kemungkinannya untuk kita menunggu atau mengantri makanan, karena itu sambil menunggu, kita bisa segera mengambil tempat berupa bangku-bangku kecil dan meja yang memang telah tertata rapi dan disediakan untuk pengunjung.

Sungguh pengalaman yang sangat menyenangkan untuk dapat travelling ke Vietnam, ajaklah teman- teman dan sanak saudara untuk berwisata dan berkulineraly makanan – makanan di Vietnam, dan jangan lupa untuk juga berlatih Bahasa Vietnam yang sederhana
Một, hai, ba, dô! yang berarti “Cheers..”