Betah di Kamboja Karena Keramahan Penduduknya

0
687
Keramahan bangsa Kamboja (Foto: Ferdinan Rafeles)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Bangsa Indonesia, Thailand dan Kanada cukup terkenal dengan keramahannya. Tetapi tahukah Anda bahwa bangsa Kamboja ternyata sangat ramah dan rendah hati? Negara ini mengalami sejarah yang menyedihkan pada masa Khmer Merah berkuasa namun tidak membuat nilai-nilai kebiasaan yang baik bangsa ini hilang. Keramahan adalah budaya yang merupakan nilai yang dijunjung tinggi bagi masyarakat Kamboja.

Berikut adalah berbagai contoh keramahan yang dapat ditemui di Kamboja:

Sambutan Hangat
Jika Anda baru pertama kali datang ke Kamboja atau baru pertama kali bertemu orang Kamboja, maka mereka akan memberikan sambutan yang hangat kepada para tamu, bahkan kepada meraka yang baru dikenal. Mereka akan menunjukkan perhatian dan kepedulian terhadap kebutuhan dan kenyamanan tamu.

Kesopanan dalam Berbicara
Dalam berbicara, orang Kamboja dikenal dengan kesopanannya. Mereka menggunakan bahasa yang sopan dan hormat, terutama kepada orang yang lebih tua atau yang memiliki status yang lebih tinggi. Mereka memiliki beberapa kosa kata yang berbeda jika sedang berbicara kepada orang yang lebih tua atau yang dihormati. Contohnya kata “terima kasih”, untuk orang sebaya mereka menggunakan kata “orkoun”, sedangkan untuk orang yang lebih tua atau yang dihormati, mereka menggunakan kata “soum orkoun”.

Kemurahan Hati
Mereka dapat dengan sukarela membantu tetangga atau bahkan orang asing dalam kesulitan. Orang Kamboja sering kali bermurah hati kepada orang lain, terutama kepada mereka yang membutuhkan bantuan.

Sikap Menerima Tamu
Menghargai tamu adalah budaya masyarakat Kamboja. Mereka akan menawarkan makanan dan minuman kepada tamu sebagai bentuk penghormatan dan keramahan. Kita dapat temukan sikap ini saat berada di pasar, para penjual akan menyambut dan menawarkan barang dagangan mereka dengan ramah dan tidak memaksa.

Gotong Royong
Budaya gotong royong merupakan bagian penting dari kehidupan masyarakat Kamboja. Orang Kamboja sering kali bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas atau memberikan bantuan kepada sesama.

Terbuka dan Ramah
Umumnya orang Kamboja bersikap terbuka dan ramah terhadap orang asing. Mereka senang berinteraksi dengan orang yang baru mereka kenal dan sering kali menawarkan bantuan atau nasihat jika diminta.

Dari contoh-contoh di atas tentunya cukup memberikan gambaran tentang keramahan orang Kamboja. Ternyata mirip dengan orang Indonesia. Ayo berkunjung ke Kamboja dan rasakan kehangatan dan keramahan orang Kamboja.

Senyuman menghiasi wajah masyarakat Kamboja yang penuh keramahan (Foto: Ferdinan Rafeles)