Kolaborasi Telkom – Scala Jepang Berinovasi di Sektor Pertanian

0
377
EVP Digital Business & Technology Telkom Komang Budi Aryasa (kiri) dan Direktur & Presiden Scala Jepang Norikatsu Nagino (kanan) (Foto: Telkom)

(Vibizmedia – Nasional) Dalam rangka akselerasi program digitalisasi di sektor pertanian dan peningkatan kesejahteraan petani, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom dan Scala, Inc Japan (Scala Jepang) berkolaborasi menciptakan inovasi bagi ekosistem digital pertanian di Indonesia.

Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid dalam keterangannya menyatakan bahwa kerja sama antara Telkom Indonesia dan Scala Jepang ini turut mempercepat misi Telkom dalam mengakselerasi ekosistem digital di sektor pertanian Indonesia.

“Penandatanganan perjanjian ini akan memperkuat upaya kami dalam menyediakan solusi digital yang inovatif dan menguntungkan bagi para petani,” ujar Muhamad Fajrin di Jakarta, pada Senin (1/4/2024).

Fajrin mengatakan bahwa kerja sama yang dilakukan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menjadi salah satu jawaban untuk mengatasi berbagai tantangan di sektor pertanian, salah satunya terkait ketahanan pangan.

Meskipun secara fakta Indonesia memiliki potensi besar dalam sektor pertanian, namun memiliki tantangan seperti keterbatasan akses pasar, kurangnya informasi harga dan permintaan, serta inefisiensi rantai pasok dan distribusi.

“Pemanfaatan teknologi terdepan seperti Artificial Intelligence, Internet of Things, dan Big Data Analytics (dalam kerja sama ini), akan meningkatkan produktivitas, meningkatkan ketahanan pangan Indonesia, dan yang paling penting akan membuka peluang baru dalam pertanian yang akan berdampak pada kesejahteraan petani Indonesia,” ungkapnya.

Kesempatan baik Telkom berkolaborasi dengan Scala Jepang ini, diperkirakan akan memperkuat ekosistem agrikultur digital di Indonesia, khususnya melalui layanan manajemen perternakan (farm management).Layanan ini fokus mengorganisasi aset-aset pertanian yang ada, guna mendorong kapasitas produksi dan mengefisiensikan proses bisnis perusahaan-perusahaan agrobisnis.

Sedangkan dari sisi Scala Jepang, Direktur & Presiden Scala Jepang Norikatsu Nagino menyatakan bahwa kerja sama ini akan memanfaatkan platform Agree untuk mengeksplorasi usaha baru dalam bisnis agrikultur, dengan fokus awal pada bisnis pasar induk virtual.

Kolaborasi Scala Jepang dengan Telkom merupakan tanda awal perjalanan transformatif berkelanjutan bagi sektor pertanian Indonesia.

“Kemitraan strategis antara Telkom Indonesia dan Scala Jepang akan menciptakan solusi berkelanjutan untuk memberdayakan petani dan menjamin ketersediaan pangan bagi generasi mendatang,” pungkas Norikatsu Nagino.