Kelezatan Kebab/Donner Turki, Perbedaannya dengan Kebab Indonesia

0
635
Lezatnya kebab Turki (Foto: Kristo Aritonang)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Kebab adalah hidangan yang terbuat dari daging dengan tambahan sayuran dan roti sebagai pendampingnya. Kebab sendiri berasal dari Timur Tengah, tapi sudah banyak di adaptasi oleh berbagai macam negara, seperti di Yunani memiliki nama Gyro.

Tapi kita akan membahas tentang Kebab yang sangat terkenal di Indonesia, yaitu Kebab Turki. Hidangan ini berupa potongan daging sapi atau domba, terkadang juga kambing atau ayam yang diletakkan di dalam roti, beserta dengan sayuran dan bumbu-bumbu lainnya.

Di Turki sendiri, makanan itu memiliki dua varian, yaitu Donner dan Kebab, perbedaannya ada dalam cara memasak dagingnya.

Donner
Jika di Indonesia sendiri, sering kita melihat Kebab yang disajikan dengan potongan daging yang diambil dari alat pemanggang vertikal, yang mana dagingnya sendiri sudah dimasak dengan mesin vertikal yang berputar, dan sumber panasnya pun juga vertikal keatas. Hidangan yang demikian jika di Indonesia tetap dikenal dengan nama Kebab.

Pengolahan dagingnya pun dimulai dengan membuat slice daging tipis-tipis dan lebar, dimarinasi dengan berbagai rempah dan bumbu, lalu ditusuk ke besi vertikal satu demi satu sampai membentuk sebuah silinder vertikal dari daging.

Disajikan ketika sudah matang dengan sayur-sayuran seperti paprika, bawang bombai, selada dan acar zaitun dan roti khas Timur Tengah yang panjang.

Berbeda dengan Donner Indonesia yang dicampur dengan mayonaise atau berbagai macam saus bersama daging dan sayuran, maka di Turki Donner tidak memakai saus apapun, melainkan hanya mengandalkan kelezatan dari bumbu marinasi dagingnya.

Lalu, bagaimana rasanya? Ternyata kelezatannya melebihi dari kelezatan Kebab yang memakai saus seperti di Indonesia, dan dagingnya pun masih agak juicy dan tidak terlalu kering, namun sudah matang sempurna.

Kebab
Mirip dengan Donner, perbedaannya hanya dalam cara memasak dagingnya, yaitu daging yang sudah dimarinasi dan dipotong-potong, dimasak bukan dengan panggangan vertikal, melainkan dimasak diatas panci khusus, seperti ditumis. Dan sama seperti Donner, tidak memakai saus atau mayonaise dalam penyajiannya, namun rasanya tetap enak.

Itulah Turkish Donner atau Kebab yang asli Turki. Selama ini kita mengetahuinya karena banyak yang dijual di jalanan atau kedai-kedai di Indonesia. Tetapi ternyata berbeda dengan Kebab atau Donner yang langsung dibuat di Turki. Mari kunjungi Turki dan rasakan lezatnya kebab asli Turki.