Rasakan Aroma Kopi yang Khas dari Vietnam

0
441
Kopi tradisional Vietnam (Foto: Instagram drip.vietcoffee)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Pernahkah Anda mendengar mengenai kekhasan kopi dari Vietnam? Atau pernahkah mencoba meracik kopi dengan metode kopi Vietnam Drip? Kali ini mari kita mengenal lebih dalam tentang kopi dari Vietnam.

Vietnam adalah salah satu negara pengekspor kopi terbesar no 2 di dunia, sesudah Brazil dari Amerika Selatan. Vietnam dipercaya sebagai salah satu pengekspor kopi terenak di dunia.

Provinsi Đắk Lắk adalah provinsi yang mempunyai andil cukup besar memproduksi kopi hampir 580.000 ton per tahun. Namun secara nasional, Asosiasi Kopi Kakao Vietnam atau disebut Vicofa memperkirakan produksi kopi Vietnam pada 2023-2024 mencapai 1,6-1,7 juta ton, yaitu lebih rendah dibandingkan pada 2022-2023 yang berjumlah 1,78 juta ton.

Akan tetapi perkembangan tersebut akan selalu berkembang dan bertumbuh, dikarenakan meningkatnya penikmat kopi baik di Vietnam maupun di dunia.

Kalau berkunjung ke Vietnam, maka kita bisa melihat bahwa hampir di setiap tempat banyak orang berjualan kopi ala Vietnam, baik di coffee shop besar maupun di gang gang kecil dimana mereka cukup menggunakan stand- stand kecil dengan menjual kopi.

Vietnam juga terkenal dengan kopi yang khas dan budaya menyeduh kopi yang sering disebut Vietnam Drip. Medote ini di Vietnam dikenal dengan istilah “Phin“, yaitu dengan menggunakan filter dalam bentuk logam kecil dan tetesan tersebut mengeluarkan aroma khas Vietnam.

Kopi Vietnam sering kali diseduh dengan menggunakan biji Robusta yang di sangrai/dipanggang sampai berubah warna lebih pekat, yang terkenal dengan rasa yang kuat. Kopi diseduh dengan perlahan – perlahan dan membiarkan air panas menetes melalui bubuk kopi tersebut dan difilter melalui Phin dan menghasilkan kopi yang pekat dan mengeluarkan aromatic dengan wewangian khas coklat/nuts dari biji kopinya tersebut.

Salah satu minuman kopi Vientam yang ternama yang menjadi ikon kopi nya adalah Ca Phe Sua Da atau kopi susu. Kopi susu dengan campuran susu kental manis, menjadi primadona di Vietnam dan banyak ditemui di sudut sudut kedai kopi. Salah satu kebiasaan yang disukai masyarakat Vietnam adalah nongkrong di kedai kopi menikmati kopi sekaligus indahnya senja di langit.