Tujuh Fakta Menarik Turki

0
339
Suasana Grand Bazaar di Istanbul, Turki (Foto: Herwantoro)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Turki menyimpan segudang pengalaman menarik yang menanti Anda. Para pelancong dunia bisa menemukan berbagai pengalaman seru mulai dari meliihat peradaban kuno sampai pasarnya yang ramai. Negara ini menyajikan perpaduan sejarah, tradisi dan lanskap yang menawan .

Bahkan ada 7 fakta menarik yang menggambarkan kehidupan dan keragaman Turki.

1. Kota Persimpangan Sejarah

Kota Efesus merupakan bagian dari warisan sejarah Turki yang menakjubkan. Sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno, yang dahulunya adalah pusat utama kekaisaran Romawi. Pada masanya kota ini merupakan jalur penting bagi perdagangan dan budaya.

Wilayah Anatolia atau dikenal dengan tempat lahirnya peradaban, banyak dipenuhi dengan sisa-sisa bangsa Bizantium, Frigia, Het, yang masing-masing sejarahnya juga menambah warisan bangsa.

Menjelajahi Turki dengan banyaknya situs bersejarah, seperti memasuki ensiklopedia hidup peradaban manusia yang mempunyai cerita sendiri.

2. Keanekaragaman Alam

Teras travertine di Pamukkale, Turki, sangat menakjubkan (Foto: Instagram ephesus_turkey)

Alam Turki sangat menawan. Terdapat teras travertine di Pamukkale yang masih sangat asli. Travertin adalah bentuk batu kapur yang didepositkan oleh mata air mineral, terutama air panas. Cerobong asap ajaib di Cappadocia, yang terbentuk akibat erosi dan sebagai hunian manusia selama ratusan tahun lamanya. Ada juga kota pesisir Kaş, tempat menyelam yang airnya sebening kristal. Gunung Nemrut yang merupakan makam kerajaan dan berbagai situs kuno sebagai warisan sejarah. Perpaduan antara bentang alam dan sejarah menjadikan daya tarik bagi para wisatawan untuk menjelajahinya.

3. Seni Tradisional

Ketika menjelajahi Bazaar maka dapat melihat juga keuletan dari para pengrajin yang menghasilkan maha karya seni yang melegenda.

Karpet Turki, tidak hanya sebagai penutup lantai, tapi dibuat secara cermat dengan teknik kuno. Sang Pengrajin dengan lihai membuat rangkaian sebuah cerita dan simbol, yang menghasilkan pola yang di teruskan sebagai warisan dari generasi ke generasi. Ada juga seni membuat marmer, atau yang biasa dikenal dengan Ebru.

4. Keunggulan Kuliner

Berbagai kuliner sedap di Turki (Foto: Sudaryono)

Turki juga memiliki kuliner yang kaya akan rasa juga hidangan. Selain kebab yang sangat terkenal di dunia, juga terdapat beranekaragam Meze, yaitu hidangan cemilan lezat seperti krim hummus, tabbouleh zesty, cacik yang memakai yoghurt sebagai bahan dasar, juga baba ghanoush berasap.

Selain itu terdapat juga cemilan boreks, yaitu kue kering berselimut dengan isi sayur bayam dan feta (daging cincang) menghasilkan paduan rasa dan tekstur yang melezatkan. Terdapat juga kebab Iskender yang legendaris, terbuat dari daging yang diiris tipis dengan hiasan saus tomat dan yogurt yang dingin. Semua kuliner cemilan ini kurang lengkap rasanya tanpa ada teh Turki yang nikmat. Selain teh, juga kopi Turki yang terkenal dengan sajian kental dan aromatik, biasanya ditemani dengan lokum manis.

5. Bazar Mesmerik

Suasana Grand Bazaar di Istanbul, Turki (Foto: Herwantoro)

Turki memang memiliki Grand Bazaar di Istanbul yang legendaris, tapi bazar di Turki lebih menarik lagi. Spice Bazaar, terkenal dengan wewangiannya yang terbuat dari berbagai rempah yang eksotis, teh, herba dan manisan tradisional, menciptakan keharuman yang mempesona ditambah warna-warna cerah. Di Antalya, Bazaar yang disuguhkan adalah paduan dari tradisi dan modernitas. Isinya bak harta karun dengan berbagai barang dari berbagai seluruh penjuru Turki, dari tekstil tenunan sampai perhiasan yang dibuat rumit. Ketika kita jelajahi semua pasar tersebut maka dapat dilihat bahwa bukan hanya menjadi tempat belanja saja tapi juga sebagai gambaran menarik mengenai semangat dinamis negara ini.

6. Festival

Festival-festival di Turki menawarkan berbagai macam budaya dan pertunjukan seni. Di Izmir diadakan Festival Internasional sebagai acara utama kalender budaya Turki, menyajikan pertunjukan seni yang menarik para wisatawan. Kombinasi antara musik, teater dan seni menampilkan kreativitas para seniman terkenal seluruh dunia.

7. Tradisi Ramah Lingkungan

Tradisi minum teh di Turki (Foto: Instagram grandbazaarofistanbul)

Saat di Turki, Anda akan mendapat kesempatan menyenangkan menyatu dengan tradisi berbagi secangkir teh dengan penduduk lokal. Tradisi ini bukan hanya menyeruput teh saja namun menunjukan ekspresi keramahan dan kehangatan yang sudah lama tertanam dalam masyarakat Turki. Ketika duduk sambil minum teh, maka pasti terlibat dalam sebuah percakapan yang memberikan gambaran unik kehidupan sehari-hari masyarakat Turki.

Turki memang memiliki banyak cerita dan keindahan yang amat menawan. Wajar saja kalau Turki menjadi salah satu destinasi yang sangat diminati para wisatawan mancanegara.

Penulis