Itu Ada Hutan di Rumah Saya

0
1074

(Vibizmedia-Gaya Hidup) Seperti remaja, tanaman yang tadinya kecil dan mudah dikelola kini seperti mau mengambil alih rumah saya. Dua pohon damar yang saya taman, dulu kecil namun sekarang sudah 10 meter tingginya. “Meskipun saya yakin tidak ada terlalu banyak tanaman di rumah, Anda tidak ingin tanaman menguasai rumah Anda,” kata Hilton Carter, penulis “The Propagation Handbook” (CICO Books, 2024). Namun menampi teman-teman hijau saya bisa jadi menyakitkan, semua rasanya ingin saya tanam. “Ketika Anda telah menanam dan merawat sebuah tanaman, tanaman itulah yang Anda cintai meskipun memiliki kekurangan dan ketidaksempurnaan,” kata Darryl Cheng, penulis “The New Plant Collector,” (Harry N. Abrams, 2024). Di sini, saya bagikan tujuh cara penuh kasih untuk mendapatkan tanaman yang indah dan tetap terkendali.

Tanaman yang tumbuh sehat dan subur (Foto: Hanny Nugrahani/Vibizmedia)

Pangkas dengan kasih | Koleksi Anda mungkin hanya perlu dipangkas. “Pemangkasan tidak hanya menjaga ukuran dan bentuk tanaman yang Anda inginkan, tetapi juga mendorong pertumbuhan baru,” kata Carter. Di musim hujan atau musim panas, gunakan gunting yang tajam dan bersih, lalu potong bagian sehat yang menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan baru. Stek yang diperbanyak dapat hidup di air selama bertahun-tahun, kata Carter. Susun campuran spesies dalam vas yang sama. “Bayangkan ini seperti karangan bunga di dalam vas, hanya saja bunga itu akan tumbuh!”

Berbagai tanaman gantung yang segar dan cantik ada di tempat ini (Foto: Hanny/ Vibizmedia)

Tempatkan dimana mereka senang | “Dalam hal desain, kota Anda menempatkan pabrik sama pentingnya dengan pabrik itu sendiri,” kata Carter. “Berhati-hatilah dalam mengelompokkannya.” Ide yang mudah: Ciptakan suasana untuk setiap area di rumah Anda, buat, misalnya, tema gurun dengan mengelompokkan kaktus. Bonus manfaat praktis: Tanaman memiliki kebutuhan penyiraman dan cahaya yang sama. Sama seperti Anda dapat menyatukan koleksi foto yang beraneka ragam dengan membingkainya secara identik, pilihan wadah yang konsisten dapat langsung merapikan koleksi tanaman. “Menggunakan pot dengan warna yang sama atau stand yang seluruhnya berbahan black metal, misalnya, membuat koleksi Anda terlihat lebih kohesif,” kata Cheng.

walking irish
Walking Irish adalah tanaman semak berbunga (Foto: Tety Widjaja / Kontributor Vibizmedia)

Kelompok kembali ke kelompok | Buat lapisan dan level. “Tidak semua tanaman harus diletakkan di lantai atau ambang jendela. Menggantungnya di jendela akan menarik perhatian dan membuat ruangan Anda terasa lebih besar,” kata Carter. Kumpulkan cluster baru. “Bersikaplah selektif,” kata Carter, “seperti yang Anda lakukan terhadap bantal sofa.” Mundur dan menilai pengelompokan. Bagaimana rasanya? Dalam bukunya “Living Wild” ia memuji, misalnya, daun hijau, perak, dan ungu dari tanaman merambat tropis Cissus Discolor berpadu secara estetis di samping dedaunan hijau tua Philodendron Rojo Congo. Jangan abaikan kepraktisan, dia memperingatkan. “Tanaman merambat yang mengalir ke bawah credenza bagus asalkan tidak menutupi laci yang harus saya buka.”

Tanaman Sukulen, Cantik dan Mudah Dirawat (Foto: Vera Herlina/ Vibizmedia)

Langsung Bergerak | Lihatlah ke luar ambang jendela, dan carilah bangku, meja samping, gerobak bar, atau tumpukan buku sebagai tempat tanaman potensial bertengger. Bercabang ke ruangan baru. Cahaya adalah faktor pembatas, jadi Cheng merekomendasikan penggunaan meteran genggam untuk mengetahui di mana tanaman akan tumbuh subur. Kekurangan sinar matahari? Anda membutuhkan lampu pertumbuhan. Lengkapi perlengkapan Anda dengan bohlam LED putih atau pilih salah satu model baru yang terlihat lebih bagus. “Menumbuhkan lampu dulunya merupakan hal yang buruk, namun industri telah berkembang pesat,” kata Carter. Karena tidak mengeluarkan panas, Anda dapat menyelipkan lampu tanam kompak di bawah lemari dapur atau di dalam rak buku, kata Cheng. Singkirkan pernak-pernik dan majalah-majalah lama dan isi kembali ruang-ruang itu dengan tanaman hijau.

Tanaman gantung di luar rumah atau di pagar (Foto: Vera Herlina/ Vibizmedia)

Menghibur dengan musik | Tanaman Anda adalah mahluk hidup yang memiliki kemampuan rasa juga. Musik dapat membuat tanaman mengalami rasa nyaman, yang membuat mereka bertumbuh menjadi segar. Menurut Earth.com, tanaman yang mendengarkan musik tumbuh lebih cepat dan sehat dibandingkan yang tidak mendengarkan musik. Tanaman yang mendengarkan musik memiliki pertumbuhan daun sekitar 10% lebih tinggi dan kandungan protein 8,89mg/g dibandingkan tanaman yang tidak mendengarkan musik. Bagi sebagian besar tanaman, memainkan musik klasik atau jazz menyebabkan pertumbuhan meningkat, sementara musik metal yang lebih keras menyebabkan stres. Ini mungkin karena getaran musik metal terlalu kuat untuk tanaman dan terlalu banyak menstimulasi sel. Musik ini seperti memijat tanaman dengan sebuah lagu – mereka lebih menyukai sentuhan yang lebih lembut.

(Photo: Henny/VM)

Mereka memerlukan sentuhan Anda | Setiap pagi saya sempatkan berjalan melihat mereka, saya senang sehingga seringkali saya juga menyentuhnya. Sebuah penelitian di Washington State University menemukan bahwa tumbuhan dapat merasakan kapan disentuh dan kapan sentuhan dilepaskan, bahkan tanpa saraf. Ketika sel tumbuhan disentuh, ia mengirimkan sinyal kalsium yang lambat ke sel tumbuhan lainnya, dan ketika tekanan dilepaskan, ia mengirimkan gelombang yang lebih cepat. Gelombang lambat berlangsung sekitar tiga sampai lima menit, sedangkan gelombang cepat menghilang dalam satu menit. Para peneliti percaya bahwa gelombang ini disebabkan oleh perubahan tekanan di dalam sel.

Tanaman rambat Philo Melano (Foto: Tety Wijaya/ Kontributor Vibizmedia)

Memberi dia dan membiarkan hidup | Jika bayi botani Anda sudah terlalu besar untuk tempat tidurnya, berikan kepada teman atau pertimbangkan pertukaran tanaman, di mana Anda dapat menukar spesimen besar Anda dengan yang lebih kecil. Periksa online di PlantSwap.org, cari grup di Facebook atau cari nama kota Anda dan “tukar tanaman.” Koleksi Anda dapat meningkat dengan setiap pertukaran. “Seiring dengan bertambahnya pengetahuan Anda tentang perawatan yang dibutuhkan setiap tanaman, Anda dapat mulai mengurangi apa yang ingin Anda kumpulkan dan fokus pada genre spesifik yang membuat Anda senang,” kata Cheng. Jika tiba waktunya untuk putus, berpisahlah dengan baik-baik. “Jangan memegang tanaman sampai kelalaian Anda menyebabkan tanaman tersebut menjadi tidak sedap dipandang sehingga Anda diam-diam membuangnya,” kata Cheng.