Komunitas Indonesia Siap Selenggarakan FI 2023 di Australia

0
378

(Vibizmedia-Melbourne) Komunitas Indonesia di Melbourne, yang tergabung dalam Festival Indonesia Incorporated dan Konsulat Jenderal RI di Melbourne, akan menyelenggarakan Festival Indonesia 2023 (FI 2023) pada 6-8 Oktober 2023.

FI 2023 terdiri dari Business Forum, B2B business matchmaking, Indonesian Night, dan Outdoor Festival. Kegiatan serupa juga diselenggarakan tahun lalu dengan acara khas tari maumere yang diikuti lebih dari 1200 peserta dan menjadikannya tarian massal maumere terbesar di luar negeri.

Kegiatan business forum tahun ini mengambil tema “Paving the Path to a Sustainable Economy”.

Dengan tema tersebut, bisnis forum ditujukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dengan bersandar pada konsep ramah lingkungan dan ekonomi yang memperhatikan tanggung jawab sosial.

Kegiatan B2B business matchmaking akan menjadi platform yang memertemukan pelaku usaha maupun investor dari Indonesia dan Australia untuk menjajaki dan membina kerja sama bisnis yang berkelanjutan dan saling menguntungkan.

Indonesian Night dengan tema “Stunning Indonesia” akan menghadirkan keragaman dan kekayaan budaya Indonesia.

Secara khusus, FI 2023 akan menghadirkan “Tembang Nusantara”, sebuah kerja sama komunitas musik Indonesia di Melbourne; dan kejuaraan pencak silat kerja sama Australian Pencak Silat Federation (APSF) Championship 2023 bekerja sama dengan Australian Pencak Silat Federation Victoria (APSF-VIC).

Outdoor Festival akan menghadirkan keragaman dan kekayaan budaya Indonesia melalui festival makanan Indonesia, produk khas Indonesia, dan pementasan seni dan budaya Indonesia. Festival ini terbuka untuk umum di Argyle Square, Carlton, Melbourne.

“Kalau tahun lalu kita ada flashmob tarian masal maumere, di FI kali ini, kita akan hadirkan tarian masal Tor – Tor yang ditargetkan untuk diikuti sekitar 1000 orang yang akan mengenakan bantuan kain Ulos dari Bupati Samosir”, ujar Celyanda Goeltom, Ketua Panitia Festival Indonesia 2023, melalui keterangan tertulisnya, Rabu (23/8/2023).

Selain didukung oleh pemerintah pusat dan daerah, Festival Indonesia 2023 diantaranya juga didukung oleh departemen terkait di pemerintah Victoria, Melbourne City Council, ANZ, Commonwealth Bank, BNI, BRI, Brady Group, KIA, Crown, William Angliss, dan Federation Square.

Festival Indonesia menjadi bagian penting dari kalender kegiatan di Victoria, Australia yang terkenal dengan kekayaan latar belakang etnis dan budaya warganya yang berasal dari lebih 200 negara.

Berdasarkan sensus penduduk 2021, Victoria memiliki penduduk 6.7 juta jiwa.

Dari jumlah penduduk tersebut, 20,643 penduduk Victoria dilahirkan di Indonesia.

Foto: kemlu.go.id