Masa Pensiun, Tahapan Decline Siklus Hidup?

0
1336
pensiun

Sebagaimana usia manusia bertambah menuju kepada kedewasaan, demikian juga dalam berkarir, khususnya sebagai ASN atau pegawai perusahaan swasta. Mengawali terjun di dunia pekerjaan sebagai pegawai “new-entry”, berkarir terus berkembang, hingga akhirnya tiba masa pensiun atau retirement.

Tentu masa bekerja dan masa pensiun berbeda, namun apakah masa pension merupakan tahapan decline dalam siklus hidup karena sebagaian besar fasilitas dan komunitas akan berakhir?

Jawabannya tergantung pola pikir atau mindset seseorang. Jika memiliki pola pikir pensiun adalah akhir segalanya, maka jadilah demikian karena tidak ada semangat lagi.

Namun, jika mindset-nya pensiun adalah tahapan awal memulai sesuatu yang baru di usia pension, akan berbeda hasilnya. Ada energi untuk tetap berkarya.

Jika Anda ada dalam usia menjelang pensiun atau memiliki perusahaan yang menyediakan program persiapan pension bagi karyawan, Anda dapat menggunakan jasa perusahaan pelatihan yang menyediakan program pelatihan komprehensif untuk memberikan persiapan mental maupun teknis.

Program pelatihan dimulai dari mindset yang tepat. Mengapa? Karena mindset yang salah akan mempengaruhi psikologis dan fisik pada akhirnya. Selanjutnya, jika kondisi fisik menurun akan mempengaruhi psikologis seseorang bila tidak siap menghadapinya. Peserta akan dibekali juga dengan materi financial planning dan digital marketing.

Anda dan karyawan Anda akan menikmati masa pensiun sebagai “the golden moment in life”.

Untuk infomasi lebih lanjut, silakan hubungi: Emy Trimahanani (0821 1369 9627)