Berpikir Sebenarnya Tidak Begitu Sulit

0
1195

(Vibizmedia-Kolom) Sebagai seorang mahasiswa 25 tahun yang lalu, Andrew Westbrook berjuang untuk tetap fokus di kelas. Dia tentu saja mempunyai kemampuan untuk berkonsentrasi; dia bisa melakukannya dengan intens ketika dia sangat menyukai suatu topik. “Saat Anda benar-benar asyik membaca buku yang bagus, berpikir akan terasa mudah, atau bahkan menarik,” katanya. Namun jika menyangkut pekerjaannya yang lain, berpikir itu sulit atau bahkan menyakitkan. “Saya akan gagal dalam ujian dan kemudian menghadapi rasa malu dan bersalah karena hal tersebut, terutama karena saya tahu saya bisa mendapatkan nilai yang lebih baik,” kenangnya.

Westbrook akhirnya mencapai kesuksesan akademis, menjadi seorang ahli saraf. Saat ini dia memimpin laboratorium di Universitas Rutgers, tempat penelitiannya membantu membalikkan keyakinan lama tentang mengapa kita kesulitan melakukan tugas-tugas kognitif tertentu. Dia adalah bagian dari gerakan ilmu saraf yang menawarkan alat baru untuk membuat pekerjaan mental lebih mudah dan menyenangkan. “Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk langsung bermain-main dengan betapa beratnya suatu hal,” kata Westbrook.

Selama beberapa dekade, para ilmuwan berhipotesis bahwa tugas-tugas yang menuntut kognitif, seperti menulis atau menyelesaikan soal matematika, memerlukan lebih banyak energi daripada tugas-tugas yang lebih mudah seperti menggulir TikTok atau melihat ke luar jendela. Jika berpikir keras merugikan metabolisme, masuk akal jika hal itu pada akhirnya akan membuat kita kehabisan bahan bakar. “Itu adalah hipotesis yang menarik pada awalnya, dan tampaknya berhasil,” kata ahli saraf Todd Braver dari Washington University di St. Louis. “Namun sayangnya, penelitian tersebut tidak dapat direplikasi.”

Faktanya, otak kita melakukan perhitungan yang sangat rumit dan mahal secara metabolik sepanjang hari. Melihat sekeliling ruangan saja memerlukan korteks visual untuk melakukan banyak komputasi, kata Westbrook, namun kami tidak menganggapnya sebagai hal yang sulit atau menguras tenaga.

“Apakah Anda sedang melakukan tugas yang menuntut kognitif di tempat kerja, atau sedang menatap ke luar angkasa, otak Anda menggunakan jumlah energi yang kira-kira sama,” katanya.

Yang terasa lebih menantang adalah ketika suatu tugas mengharuskan otak untuk melawan kebiasaan biasanya. Pekerjaan yang menuntut kognitif, seperti akuntansi yang rumit atau menulis email yang berbeda-beda, sering kali memerlukan koordinasi berbagai wilayah otak dalam pola baru, sekaligus membungkam sirkuit yang sering terjadi bersamaan.

“Jadi kita harus menekan kecenderungan yang biasa kita lakukan, sambil meningkatkan jalur yang kekuatannya lebih rendah,” kata Braver

Penelitian telah menemukan bahwa menentang kebiasaan otak kita memicu respons emosional, membuat kita merasa tidak nyaman. “Ini tidak menyenangkan, dan rasanya tidak enak,” kata psikolog Michael Inzlicht dari Universitas Toronto.

Namun dia menunjukkan bahwa respons emosional bersifat subjektif: respons tersebut merupakan interpretasi sensasi di tubuh dan otak kita. Dan kita dapat memengaruhi seberapa besar kita memperhatikan sensasi ini dan bahkan cara kita menafsirkannya.

“Beberapa orang mungkin menganggap berpikir sebagai sesuatu yang perlu dilakukan, namun bukan sebagai sesuatu yang harus dihindari. Dan beberapa orang bahkan mungkin menganggap upaya ini menyenangkan dan bermanfaat,” kata Inzlicht.“Lihatlah betapa orang suka mengerjakan teka-teki silang,” tambahnya.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa kita sering melebih-lebihkan perjuangan dan rasa sakit yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas kognitif.

“Saat Anda memikirkan tugas yang berat di masa depan, sering kali hal tersebut terasa jauh lebih buruk dibandingkan saat Anda benar-benar terlibat dalam tugas tersebut,” kata Westbrook. Namun perkiraan awal yang berlebihan ini dapat membuat kita menunda-nunda, atau bahkan menghindari tugas tersebut sama sekali.

“Penelitian menunjukkan bahwa jika kita bisa melewati rintangan awal dalam memulai suatu tugas, maka berpikir menjadi lebih mudah,” katanya.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science pada tahun 2020, Westbrook dan rekannya menemukan satu cara untuk melakukan hal tersebut: Perhatikan manfaat menyelesaikan tugas, bukan pada upaya yang diperlukan. Para peneliti memberi peserta pilihan untuk memecahkan teka-teki memori yang mudah dengan sejumlah kecil uang atau teka-teki yang lebih sulit untuk mendapatkan lebih banyak uang. Pilihannya ditampilkan di layar, dan pergerakan mata peserta dilacak saat mereka memutuskan teka-teki mana yang akan dicoba.

Ketika orang menghabiskan lebih banyak waktu untuk melihat hadiah dari teka-teki yang menantang, mereka cenderung memilihnya. “Hasilnya menunjukkan bahwa jika mata pikiran kita, atau fokus perhatian kita, tertuju pada manfaat dari suatu pilihan, maka tentu saja, seiring berjalannya waktu, kita cenderung memilih untuk melakukan hal-hal sulit,” kata Westbrook.

Jadi, jika lain kali Anda mengalami kesulitan memulai suatu tugas, berhentilah berfokus pada semua kemungkinan penderitaan atau konsekuensi dari kegagalan. Sebaliknya, pikirkan betapa bagusnya menyelesaikannya dan imbalan yang akan didapat setelahnya. Anda bahkan bisa berjanji pada diri sendiri sedikit hadiah setelahnya.

Anda juga dapat mencoba menginduksi keadaan yang dikenal sebagai “flow,” di mana orang-orang menikmati melakukan tugas-tugas mental yang sangat kompleks yang sebagian besar dari kita anggap menyakitkan, kata Westbrook: “Sepertinya mereka begitu tersesat sehingga tidak memperhatikan usaha atau kerja kerasnya. bekerja . Bekerja.”

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications pada tahun 2022 menunjukkan bahwa salah satu kunci memicu flow adalah mengatasi ketidakpastian. Untuk meningkatkan motivasi menulis email, misalnya, Anda bisa menetapkan batasan waktu: berapa banyak yang bisa Anda tulis dalam 15 menit?

Terakhir, ada baiknya jika Anda tidak harus membuat keputusan untuk fokus setiap hari. “Sebaliknya, biasakan upaya mental,” kata ahli saraf Matthew Botvinick dari University College London. Kebiasaan adalah tugas yang kita lakukan secara otomatis, tanpa mempertimbangkan biaya atau konsekuensinya. Misalnya, kebanyakan orang tidak memikirkan apakah akan membuat kopi di pagi hari atau tidak. Mereka menyeduhnya karena itu bagian dari rutinitas mereka.

Untuk menjadikan tugas-tugas yang menuntut kognitif sebagai kebiasaan, cobalah melakukannya setiap hari pada waktu dan tempat yang sama. Tambahkan ritual sebelum Anda memulai, seperti mematikan ponsel dan meluncurkan aplikasi untuk memblokir situs web yang mengganggu. “Anda akan mengajari diri sendiri bahwa upaya mental akan membuahkan hasil dalam kondisi tertentu,” kata Botvinick. Setelah beberapa minggu, berkonsentrasi secara mendalam tidak hanya akan terasa lebih mudah; sebenarnya itu akan lebih mudah.