Inilah Cara Berkemah di Pedalaman Amerika

Dinas Taman Nasional AS mendefinisikan kategori berkemah di pedalaman sebagai “satu atau lebih kawasan primitif atau hutan belantara yang terutama dapat dicapai dengan berjalan kaki, berperahu, atau menunggang kuda”.

0
618
Berkemah
A campfire in Algonquin Park, Ontario, Canada (Mike Markov, Unsplash)

(Vibizmedia-Gaya Hidup & Hiburan) Semua orang di Amerika sepertinya suka berkemah akhir-akhir ini, termasuk orang-orang yang pernah berpura-pura alergi terhadap alam. Menurut rekreasi.gov, yang menangani reservasi untuk sembilan lembaga federal di Amerika, jumlah reservasi berkemah meningkat dari 2,72 juta pada tahun 2019 menjadi 4,14 juta pada tahun lalu. Untuk musim panas ini, 143 fasilitas perkemahan terjual habis dari bulan Juni hingga Agustus, dan 232 perkemahan lainnya memenuhi kapasitas setidaknya selama satu bulan di puncak liburan.

Jika versi alam terbuka tidak mencakup kemping mobil yang membanting bagasi dan RV yang berbunyi, maka perlu menjelajah lebih jauh ke alam liar. “Berkemah di pedalaman adalah kesempatan untuk lebih terhubung dengan alam liar, untuk lebih menyendiri dan melepaskan diri dari layanan telepon seluler,” kata Sarah Martin, direktur National Outdoor Leadership School di Rocky Mountain. Tidak mengherankan, berkemah di alam liar atau pedalaman juga semakin populer. Recreation.gov mengeluarkan 371,000 izin pada tahun lalu, dibandingkan dengan 188,000 pada tahun 2019. Karena permintaan, jumlah fasilitas izin melonjak dari 38 pada tahun 2019 menjadi 81 pada tahun ini.

Grand Teton National Park, Wyoming, USA (Mick Kirchman, Unsplash)

“Tidak ada seorang pun yang bertanggung jawab merawat kita, membersihkan bekas kebakaran, dan memastikan kita memadamkan api,” kata Andrea Ference, seorang berkemah di pedalaman berpengalaman yang berbasis di Pegunungan Rocky Kanada. “Ini adalah perkemahan yang lebih mandiri dibandingkan perkemahan tradisional di pedesaan.” Bagi pemula, berkemah di pedalaman mungkin tampak menakutkan. Namun dengan peralatan yang tepat, menggali jamban dan tidur jauh dari peradaban bisa menjadi kebiasaan.

Apa maksudnya berkemah di pedalaman?

Dinas Taman Nasional AS mendefinisikan kategori ini sebagai “satu atau lebih kawasan primitif atau hutan belantara yang terutama dapat dicapai dengan berjalan kaki, berperahu, atau menunggang kuda”. Badan tersebut menekankan bahwa perkemahan yang dikembangkan di sebidang tanah terpencil, seperti Taman Nasional Isle Royale di Michigan, tidak memenuhi syarat. Tempat perkemahan terbagi dalam salah satu dari tiga kategori: ditunjuk, ditunjuk-tersebar dan tersebar, pilihan yang paling sulit. Perkemahan di pedalaman tersedia di lahan umum di berbagai lingkungan, seperti pegunungan, gurun, dan lahan basah. Taman membedakan daerah pedalaman dari kawasan hiking dan berkemah yang lebih mapan.

A scenic view of a river winding through the plains under a cloudy sky (freepik.com)

Misalnya, Taman Nasional Shenandoah di Virginia memiliki lebih dari 196.000 hektar daerah pedalaman dan hutan belantara. Taman Nasional Denali di Alaska membagi lahan seluas 6 juta hektar menjadi 87 unit pedalaman yang masing-masing mencakup ribuan hektar. Di Taman Nasional Everglades, Marjory Stoneman Douglas Wilderness seluas 1,4 juta hektar adalah hutan belantara subtropis terbesar di negara ini. Meskipun para pekemah di pedalaman membawa semua perlengkapan mereka dan pada dasarnya menjaga diri mereka sendiri, aktivitas ini memiliki beberapa pagar pembatas. Banyak taman akan memetakan rute dan menetapkan tempat perkemahan untuk berkemah di pedalaman. Bahkan dapat berbagi jalur dengan orang yang melakukan perjalanan sehari atau peserta perkemahan yang kurang ambisius. Namun di tempat yang lebih liar, pekemah akan sendirian. Ya, tidak sepenuhnya sendirian.

Jangan lupa membayar izinnya

Banyak taman mengharuskan orang yang berkemah di pedalaman untuk mendapatkan izin selama jam sibuk atau sepanjang tahun. Belilah sesegera mungkin. Jumlah ruang dibatasi, dan permintaan bisa tinggi. “Mendapatkan akses terhadap izin telah menjadi tantangan yang jauh lebih besar, terutama sejak pandemi ini,” kata Ference. “Jika tidak memiliki izin sebelumnya, hampir nol persen kemungkinan bisa berkemah di pedalaman, terutama di dalam taman nasional.”

A fallen tree reflecting in the lake in Mount Rainier National Park, Seattle, Washington state (Freepik.com)

Sistem pemesanan berbeda-beda di setiap taman. Gunung Margaret di Monumen Vulkanik Nasional Gunung St. Helens membuka reservasi ke tanah negara bagian Washington pada hari pertama setiap bulan sebelum bulan reservasi. Pulau Santa Rosa di Taman Nasional Kepulauan Channel menggunakan sistem penggulungan enam bulan. Pada tanggal 9 Mei, taman California mulai mengeluarkan izin untuk musim berkemah pada tanggal 15 Agustus hingga 9 November. Taman Nasional Yellowstone, yang memiliki sekitar 300 tempat perkemahan di pedalaman, menawarkan lotere akses awal, periode penjualan umum, dan izin masuk dua hari sebelum perjalanan. Saat membeli izin, perhatikan batasan apa pun, seperti ukuran kelompok dan hewan peliharaan. Periksa juga kebijakan reservasi. Sering kali dapat membatalkan beberapa hari sebelum pemesanan dan menerima pengembalian dana sebagian.

Peralatan harus teruji

Untuk perjalanan berkemah di pedalaman, tidak perlu berlatih dengan intensitas yang sama seperti maraton. Sering berjalan-jalan di lingkungan sekitar dengan sepatu hiking dan ransel sudah cukup. “Bagian terbesar dari latihan fisik hanyalah waktu untuk berdiri. Jalan-jalanlah dan ganti perlengkapanmu,” kata Ference. “Hal terburuk yang dapat dilakukan adalah pergi ke jalan setapak dengan sepasang sepatu hiking baru.”

Jika membeli perlengkapan untuk petualangan, Ference merekomendasikan untuk berkemah di halaman untuk bermalam. Dengan cara ini, dapat membiasakan diri dengan peralatan, mengatasi segala kekusutan, dan mengidentifikasi barang-barang yang disalahpahami. Dalam uji coba, Ference menemukan bahwa alas tidurnya tidak muat di dalam tenda satu orangnya. Para pekemah yang belum siap berinvestasi dalam perlengkapan dapat menyewa berbagai barang dari REI. Persediaan bervariasi tergantung toko, namun beberapa benda yang umum termasuk kantong tidur, tenda, kompor propana, tongkat pendakian, dan tabung beruang.

Bawalah barang-barang penting saja

Sebelum mengemas ransel, tentukan apakah tempat perkemahan menawarkan fasilitas apa pun. Keuntungannya mungkin kecil, seperti wadah makanan yang tahan terhadap hewan, tetapi ada satu hal lagi yang harus bawa. Di Taman Nasional Gua Mammoth di Kentucky, misalnya, situs tersebut dilengkapi dengan cincin api unggun dan alas tenda. Yellowstone menyediakan kotak makanan atau tiang penyimpanan tahan beruang (tidak termasuk tali sepanjang 35 kaki). Perkemahan Sylvania Wilderness di Ottawa National Forest, Michigan, memiliki jamban.

Banyak taman nasional dan penjual pakaian eceran luar ruangan menyediakan daftar periksa. (Periksa backcountry.com.) Juru bicara NPS Dave Barak berbagi beberapa barang penting: Perlengkapan navigasi, seperti peta, unit GPS, dan kompas. Perlindungan matahari dan serangga. Pakaian ekstra untuk insulasi. Tempat berlindung. Sumber cahaya, seperti lampu depan dan senter. Kotak P3K. Pemantik api. Makanan dan air tambahan. Kit dan peralatan perbaikan. Perangkat komunikasi yang lebih andal dibandingkan telepon seluler, seperti suar pencari lokasi pribadi atau telepon satelit.

Berkemah
Shenandoah National Park (freepik.com)

Ference membawakan bantal kemah, satu-satunya kemewahan kecilnya, dan makanan dehidrasi, yang menurutnya enak. “Makanan backpacking yang mereka buat akhir-akhir ini ternyata sangat lezat,” katanya. “Mereka juga dibuat untuk aktivitas yang dilakukan. Jadi, kandungan natriumnya sangat tinggi, karena badan berkeringat sepanjang hari.” Seiring kemajuan keterampilan berkemah, masakan juga harus meningkat. Jika membawa panci atau wajan, pilihlah yang anti lengket, karena membersihkan telur gosong dan dehidrasi adalah pekerjaan yang tidak perlu dilakukan.

Untuk menghitung jumlah makanan, pertimbangkan tingkat aktivitas, cuaca, dan berat yang dibawa. NOLS merekomendasikan 1 hingga 1,5 pon makanan (2.000-3.000 kalori) per hari untuk perjalanan singkat dan santai dalam suhu sedang. Untuk aktivitas yang lebih berat, tingkatkan suplai menjadi 1,75 hingga 2 pon, atau 3.000 hingga 3.500 kalori

Untuk air minum, Martin merencanakan rute dengan fitur air alami, seperti sungai dan danau di pegunungan serta mata air di gurun. Dia menggunakan tablet klorin yang disebut Aquamira untuk memurnikan air. Untuk membilas diri sebelum tidur, dia membawa tas mandi gantung dan sebotol kecil sabun biodegradable Dr. Bronner. “Hal ini membuat saya merasa lebih seperti manusia dan tidak seperti binatang liar,” katanya. Martin mengingatkan peserta perkemahan untuk menjaga jarak setidaknya 200 kaki (atau 70 langkah) dari sumber air, untuk menghindari kontaminasi.

Temukan tempat perkemahan

Jika izin mencakup tempat perkemahan yang ditunjuk, maka bisa berhenti di situ. Jika bertanggung jawab untuk mencari suatu lokasi, lokasi sangatlah penting.

Mount Assiniboine, Mount Assiniboine Provincial Park, East Kootenay G, BC, Canada (Alex Gorey,Unsplash)

Dinas Pertamanan menyarankan agar tidak berada di tepian, puncak tinggi, dan tengah lapangan, yang dapat menjadi tempat rentan jika terjadi angin kencang atau badai petir. Hindari juga mendirikan kemah di bawah dahan mati, yang bisa roboh menimpa tenda.Jauhi jurang yang mungkin banjir. Pasangkan tenda setidaknya 200 kaki dari jalan setapak dan sumber air alami. Hal yang sama berlaku untuk toilet, penyimpanan makanan, dan area memasak, terutama di tempat yang banyak beruang.

Gali toilet

Saat membangun jamban, gali lubang sedalam setidaknya delapan inci. Martin mengatakan kebanyakan orang mengubur tisu toilet mereka, namun menurutnya produk tersebut tidak selalu cepat terurai. “Kita tidak bisa mengandalkan tisu toilet yang rusak dari musim ke musim. Ini hanya membutuhkan waktu lebih lama dari yang kita kira,” katanya. “Saya pikir segala jenis produk manusia yang kita gunakan di pedalaman perlu dikemas.” Untuk mengurangi faktor rasa sakit, katanya, beberapa orang menyimpan tisu toilet bekas di dalam kantong kopi kosong, sehingga aroma kopi menutupi bau yang kurang sedap. Jika menggunakan kantong plastik zip-top, dia menyarankan untuk menutupinya dengan lakban.