Choi Pan, Jajanan Khas Singkawang yang Terkenal

0
351
Jajanan Choipan, makanan khas Singkawang (Foto: Pesta Siregar)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Kota Singkawang di ujung Pantai barat Pulau Kalimantan dikenal sebagai kota dengan banyak tempat kuliner yang enak-enak. Tapi jangan lewatkan menikmati salah satu makanan khas tradisional dari Singkawang, yaitu Choipan. Choipan atau sering juga disebut chaikue adalah jajanan terkenal yang sudah tidak asing lagi di Singkawang. Choipan sudah menjadi salah satu andalan kuliner yang ada di kota ini.

Istilah Choipan ini berasal dari bahasa Hakka dari kata “choi” yang artinya “sayur” dan “pan” yang artinya “kue” dengan bentuknya yang bermacam-macam. Jajanan Choipan adalah jajanan khas Singkawang, memiliki kulit yang kenyal dan tipis sekali, terbuat dari tepung beras dan tepung sagu yang di dalamnya berisi bengkoang disertai dengan ebi dan daun kucai. Varian isi yang lain adalah rebung dan talas.

Choipan dimasak dengan cara dikukus. Nah, paling nikmat kalau makan choipan dalam keadaan masih panas, baru diangkat dari kukusan dan langsung disantap dengan siraman sambal cuka. Bentuk Choipan ini biasanya licin karena ada minyak dan ditaburi bawang putih goreng yang melimpah di atasnya, dengan cita rasa yang segar, asin, gurih, asam dan pedasnya membuat ketagihan .

Choi Pan Tho Ce, Tempat Kuliner Terkenal di Kawasan Rumah Tradisional Singkawang

Kawasan Rumah Tradisional Singkawang (Foto: Pesta Siregar)

Choipan yang terkenal di Singkawang ini bisa ditemukan di area Kawasan Rumah Tradisional Jl.Budi Utomo No.45, Singkawan. Tempat ini sudah menjadi cagar budaya dari Pemerintah Kota Singkawang. Nama tempat kulinernya adalah Choi Pan Tho Ce, yang sudah berdiri sejak tahun 1979. Sudah pasti tempatnya selalu ramai dikunjungi orang,

Dari luar kelihatan tempatnya kecil tetapi waktu masuk ke dalam ternyata sangat luas. Kalau berkunjung ke sana Anda bisa duduk di meja panjang di teras. Atau memilih duduk lesehan di dalam gazebo, atau duduk di meja bundar di bawah pohon, sambil menikmati kesejukan daerah Kawasan tradisional Singkawang ini. Tidak lupa sambil menikmati choipan yang nikmat. Halaman parkir di lokasi ini juga luas.

Pilihan Choipan yang dijual di tempat makan ini beragam, ada isi bengkoang, kucai, rebung dan talas. Untuk pilihan choipan rasa rebung hanya ada pada hari Kamis sampai Sabtu saja. Untuk menikmati Choipan yang lezat cukup dengan harga yang relatif murah yaitu hanya Rp 2.500,- per buah dan tidak ada minimum order. Bahkan ukuran choipannya juga cukup besar sehingga dijamin puas dan nikmat.

Karena choipan ini halal, sudah pasti banyak disukai oleh semua kalangan, tempatnya selalu ramai dikunjungi bahkan kalau sedang ramai sekali, orang bisa antri menunggu untuk beli Choipan di sana. Tidaklah heran jika setiap hari bisa terjual lebih dari 1.000 buah Choipan. Restoran ini hanya buka dari pukul 08.00 sampai 18.00 WIB.

Nah, kalau berkunjung ke Singkawang, Kalimantan Barat jangan sampai lewatkan menikmati kuliner Choipan yang lezat ini.

Penulis: Pesta Siregar

Editor : Dyah M Nugrahani