Cuckoo Clock Souvenir Unik Khas Jerman

0
400

(Vibizmedia-Gaya Hidup) Ada yang tahu  jam Kukuk? Sebagian  dari orang tua atau Opa oma kita mungkin  tidak asing dengan barang yang satu ini.  Bahkan mungkin sudah terhias di dinding rumahnya, apa itu?  ya Jam Kukuk.

Jam dinding kukuk atau cuckoo clock adalah jam dinding dengan kotak kayu berbentuk rumah kecil dari kayu pinus.

Rumah itu dilengkapi dengan sebuah jendela dan dihiasi dengan bunga yang terbuat dari ukiran kayu. Ada pendulum dan erekan rantai yang terlihat jelas.  Setiap jam, jendela terbuka. Lalu dari jendela itu muncul satu atau dua ekor burung dan berbunyi “kukuk…kukuk” sambil mengangguk, atau membuka paruh, atau mengepakkan sayapnya. Nah, dari suara itulah jam itu diberi nama jam kukuk.

Bermacam-macam model jam kukuk dijual (Foto: Tiarma Silalahi/Vibizmedia)

Tidak diketahui secara pasti di mana dan siapa yang pertama kali membuat jam kukuk ini. Diperkirakan dibuat di daerah sekitar Hutan Hitam, barat daya Jerman (negara bagian Baden-Württemberg).

wilayah di mana jam kukuk dipopulerkan dan diekspor ke seluruh dunia. dunia, menjadi terkenal di dunia sejak pertengahan tahun 1850-an dan seterusnya. Saat ini, jam kukuk menjadi salah satu oleh-oleh favorit para pelancong di Jerman , Swiss , Austria , dan Prancis Timur . Ini telah menjadi ikon budaya Jerman.

Andapun kalau sedang berlibur ke salah satu negara tersebut bisa menjadi pilihan bagus untuk membelinya.