Sebelas Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

0
286
Bawang putih (Foto: Hanny Nugrahani)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Tahukah Anda? Bahwa bawang putih yang menjadi salah satu bumbu masak sering kita jumpai di setiap makanan yang akan kita olah, seperti contohnya telur dadar, sayur kangkung, perkedel, kuah pempek, dan lain-lain, ternyata bawang putih ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Bahkan bisa dikonsumsi secara mentah.

Beberapa manfaat dari bawang putih yang sangat berfungsi agar tubuh kita sehat adalah sebagai berikut :

1. Mengatasi Batuk dan Flu. Mengkonsumsi bawang putih bisa membuat sakit batuk dan flu bisa segera diatasi, mengurangi flu berat dan membuat lebih cepat sembuh.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengkonsumsi bawang putih secara mentah, secara rutin bisa membuat fisik kita lebih sehat dan bugar.

3. Menjaga kesehatan kulit dan mengurangi kondisi jerawat yang ada pada wajah kita

4. Menurunkan Kadar Kolesterol: Konsumsi bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol. Zat allicin di dalamnya menghambat pembentukan kolesterol jahat (LDL) di hati. Studi juga menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih setiap hari bisa mengurangi kadar LDL dan total kolesterol.

5. Tekanan Darah: Bawang putih mengandung allicin yang membuat pembuluh darah rileks, sehingga melancarkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Mencegah Penyakit Jantung: Kadar kolesterol yang terkendali dapat mencegah penumpukan lemak di dalam darah yang bisa menyumbat pembuluh darah. Bawang putih juga mengencerkan darah dan mencegah penggumpalan darah akibat penumpukan kolesterol di arteri maupun vena.

7. Mencegah Gangguan Otak: Tekanan darah dan kadar kolesterol yang tinggi bisa merusak pembuluh darah kecil di otak. Bawang putih membantu mencegah gangguan fungsi otak, seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

8. Antioksidan Tinggi: Bawang putih mengandung antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dan menjaga kesehatan sel-sel tubuh.

9. Mengandung Nutrisi Penting: Bawang putih mengandung mangan, vitamin C, selenium, serat, kalsium, tembaga, fosfor, zat besi, vitamin B1, vitamin B6, dan kalium.

10. Rendah Kalori: Satu siung bawang putih berukuran 3 gram diperkirakan mengandung 4,5 kalori, 0,2 gram protein, dan 1 gram karbohidrat.

11. Mengandung Senyawa Sulfur: Manfaat makan bawang putih mentah juga diperoleh dari senyawa sulfur yang terkandung di dalamnya.

Jadi, jangan ragu untuk menambahkan bawang putih ke dalam menu makanan Anda untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang berlimpah!

Penulis: David Oloan

Editor : Hanny Nugrahani