Taco, Makanan Khas Mexico yang Menggoyang Lidah

0
760
Sedapnya taco, makanan khas Mexico (Foto: Hendrik Wijaya)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Pernahkah Anda mencicipi Taco, makanan khas Mexico yang terletak di benua Amerika Selatan ini? Penampilannya sangat menarik ditambah dengan rasanya yang lezat juga menyegarkan membuat saat ini Taco sudah banyak digemari oleh para pecinta kuliner dari berbagai bangsa. Tertarik untuk mencoba?

Taco klasik biasanya terdiri dari kulit yang terbuat dari tortila jagung atau tepung yang biasanya diisi dengan daging sapi panggang (carne asada), ayam, ikan, atau kacang yang ditambah dengan beraneka topping/taburan mulai dari bawang bombai cincang, daun ketumbar dan dilengkapi dengan perasan jeruk nipis yang pastinya akan menggugah selera dan menimbulkan aneka sensasi menyegarkan di mulut kita.

Di negara asalnya Taco banyak dijual di berbagai tempat dengan beraneka toping dan juga variasi harga .

Asal Nama Taco

Sebenarnya asal-usul nama “Taco” tidak sepenuhnya diketahui, namun beberapa teori menyebutkan bahwa kata taco berasal dari abad ke-18 di tambang perak yang terletak di Meksiko.

Saat itu kata Taco merujuk pada potongan kertas pembungkus bubuk mesiu yang dimasukkan ke dalam lubang di permukaan batu. Ada juga sumber lain yang menyebutkan bahwa kata taco berasal dari kata “tlahco” yang dalam bahasa Nahuatl memiliki arti “di tengah”. Meskipun belum sepenuhnya jelas asal nama dan sejak kapan taco itu ada, yang pasti hidangan ini telah ada sejak zaman masyarakat Valley of Mexico di negara Meksiko.

Berbagai Variasi Taco

Seiring dengan waktu , taburan dan isi taco sekarang ini sangat beragam, misalnya daging sapi atau lidah sapi, saus salsa yang pedas, saus guacamole, lobak, dan perasan jeruk nipis. Saus Guacamole sendiri adalah saus khas Mexico yang menggabungkan kelezatan dari alpukat, keasaman jeruk nipis dan keharuman daun ketumbar. Selama ini guacamole banyak disajikan dengan berbagai menu makanan khas Meksiko, misalnya sebagai pendamping keripik atau topping untuk Taco.

Saus ini memiliki rasa gurih dan segar yang berasal dari alpukat yang lezat. Pada awalnya suku Aztec menciptakan saus guacamole dan menyebutnya dengan ahuaca-mulli. Ketika bangsa Spanyol berhasil menaklukkan suku Aztec, mereka membawa saus guacamole kembali ke negeri tempat mereka berasal. Saus yang didominasi dengan warna hijau ini kemudian semakin berkembang dan menjadi populer di akhir tahun 1900-an di Spanyol.

Kini untuk sekedar menikmati kelezatan Taco kita tidak perlu harus pergi ke Mexico karena sekarang kita dapat membelinya di berbagai negara dan termasuk juga di Indonesia. Terdapat berbagai tempat yang menjual Taco , mulai dari Taco yang memiliki rasa otentik khas Mexico yang klasik sampai berbagai variasi Taco lainnya yang pastinya tetap lezat untuk kita nikmati.

Taco yang lezat dan sedap (Foto: Hendrik Wijaya)