Kawasan Bali Maritim Tourism Hub Ditargetkan Sebagai Kawasan Pariwisata Khusus Event Kelas Dunia

0
238
Menteri BUMN Erick Thohir saat melakukan kunjungan ke Bali Maritim Tourism Hub (BMTH) di kawasan Pelabuhan Benoa pada Minggu (12/5/2024). (Foto: Kementerian BUMN)

(Vibizmedia – Benoa, Bali) Pada Minggu (12/5/2024) Menteri BUMN Erick Thohir melakukan kunjungan ke Bali Maritim Tourism Hub (BMTH) di kawasan Pelabuhan Benoa. Kunjungan ini dipakai Erick untuk menyatakan bahwa pengembangan BMTH ditargetkan sebagai kawasan pariwisata khusus entertainment dan festival musik kelas dunia.

Erick menjelaskan, jika melihat blueprint rencana pembangunan dari proyek BMTH, kawasan ini diharapkan bisa menjadi satu icon baru pariwisata maritim Indonesia bahkan dunia. Seperti marina, yacht, cruise terminal, entertainment skala internasional, UMKM Plaza dan juga LNG.

Erick menambahkan, bukan tidak mungkin nantinya festival-festival musik kelas dunia juga akan diadakan di kawasan BMTH ini.

Ia melanjutkan, sebagai negara kepulauan, sudah sepantasnya Indonesia bisa menjadi icon maritim kelas dunia yang mengintegrasikan pariwisata dan entertainment. Diharapkan acara-acara besar seperti Tomorrow Land, Summer Sonic dan event-event kelas dunia lainnya bisa dihadirkan di kawasan BMTH ini.

Dengan dukungan dan kerja sama yang apik antara Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, BMTH diyakini bisa menjadi icon pariwisata maritim Indonesia yang menyuguhkan entertainment skala internasional.

Selain itu, Erick Thohir juga mengapresiasi sinergi antara BUMN yang terlibat dalam proyek BMTH.

Terlebih selama pengerjaannya proyek ini telah menyerap sekitar 1.900 pekerja lokal untuk pembangunannya.

BMTH juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat di sekitar kawasan Benoa.

Erick menegaskan, sinergi antar BUMN sangat penting untuk memastikan kelancaran dan kesuksesan proyek BMTH. Terlebih keterlibatan pekerja lokal. Hal ini menandakan BMTH memberi kemanfaatan ekonomi secara langsung sejak proyek ini dikerjakan.