Ford Luncurkan Mobil dengan Pengemudian ‘Hands-Free’ di Inggris

0
758
Ford
Ford memperkenalkan BlueCruise dengan sistem kemudi bebas tangan (hands free) (Courtesy: Ford).

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Sebuah skenario yang didambakan oleh perusahaan mobil Ford di Eropa dalam waktu dekat adalah penggunaan model mobil hands-free (mengemudi, sementara tangan kita bebas) di jalan raya Inggris dan bisa melambat ketika bagian belakang truk tampak.

Melakukan perjalanan dengan kecepatan 100 kilometer per jam, SUV kecil itu tetap berada di jalurnya, ketika seorang wartawan AFP duduk di kursi pengemudi di sepanjang jalan tol M11 di utara London.

Ford mengaktifkan pilihan swakemudi “BlueCruise” untuk kendaraan listriknya, Mustang Mach-E di Inggris pada bulan April 2023.

Setelah memulai debutnya di Amerika pada 2021, pilihan itu kini di jalan raya “zona biru” Inggris sepanjang 6.000 kilometer, dilengkapi dengan empat jalur dan pembagi jalur di tengah, dari Dover ke Skotlandia.

Sementara tangan pengemudi bebas, mobil memastikan bahwa pengemudi tidak mengutak-atik telepon – dan mata tertuju pada jalan. Itu semua berkat pemasangan beberapa kamera dan sensor inframerah.

Sebuah bus yang akan digunakan untuk layanan bus otonom (swakemudi) CAVForth, AB1, dipamerkan kepada awak media di Queensferry, Skotlandia, 11 Mei 2023. (Andy Buchanan/AFP)

Komputer yang terpasang menawarkan untuk mengambil alih tugas mengemudi, ketika memasuki jalan raya. Tetapi jika pengemudi memalingkan muka selama 10 detik, komputer memperingatkan dan berkata: “Lihat ke jalan. Terus awasi jalan”.

Jika peringatan itu diabaikan, mobil akan menginjak rem dan membunyikan peringatan.

Sekitar 500 pengguna awal mengikuti uji coba di Inggris, dengan membayar $ 21 per bulan.

Pilihan ini juga tersedia di Amerika Utara untuk truk pick up F-150 dan SUV Expedition. Ford mengaku bahwa sudah ada 200.000 pengemudi yang menggunakannya tanpa terjadi kecelakaan.

Sumber: www.voaindonesia.com