The Do and Don’t Ketika Jadi Penumpang Pesawat Terbang

0
1886
penumpang pesawat
Ilustrasi penumpang pesawat terbang (Foto: freepic)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Sebagai orang yang sering bepergian ke berbagai tempat, naik pesawat terbang merupakan hal yang saya pasti lakukan setiap tahunnya. Tanpa menyebutkan merk, sudah mencoba travel dengan berbagai jenis pesawat, mulai dari maskapai pesawat Asia, Amerika, Eropa, dan Middle East. Tentu saja, mulai dari penerbangan yang low cost sampai yang harga lumayan. Pengalaman yang ada, tentu juga tidak terhitung.

Nah, naik pesawat itu, ternyata ada hal yang boleh dan tidak dilakukan lho. Tentu saja, semuanya agar kenyamanan Anda maksimal ketika di dalam pesawat. Apa sajakah itu?

THE DO’s :

1. Gunakan sabuk pengaman dan pastikan membuka jendela saat pesawat posisi akan take off dan sebelum landing.

Hal ini, sebenarnya pasti kita dengar saat naik pesawat. Tapi, terkadang ada saja yang lupa untuk menggunakan sabuk pengaman (seatbelt). Seatbelt itu, sangat berguna untuk keamanan penumpang saat take off maupun menjelang landing.

Mengenai jendela yang harus dibuka, itu sebenarnya sangat penting. Salah satunya, adalah untuk menjadi seperti “monitoring” bersama antara kru pesawat dan penumpang. Maksudnya adalah, jika terjadi suatu hal yang berbahaya atau tidak biasa, saat mau take off maupun landing, baik penumpang atau kru pesawat bisa saling bekerjasama dengan melaporkan hal yang dilihat tersebut.

2. Pilihlah makanan kesukaan di pesawat jika dalam perjalanan jauh

Jika Anda naik pesawat untuk menempuh perjalanan jauh, yang diatas 5 jam, atau bahkan harus ganti pesawat beberapa kali sampai tujuan, pastikan ketika menu diberikan, pilihlah makanan kesukaan Anda di antara pilihan menu yang diberikan di pesawat.

Tujuannya, adalah agar Anda bisa makan dengan habis, dan juga punya tenaga selama perjalanan sampai ke tujuan. Jika Anda makan hal yang Anda kurang suka, nantinya sulit habis, kan? Dan, kurangnya makan atau minum selama perjalanan, bisa berdampak pada kesehatan Anda. Jadi, pastikan Anda pilih menu yang sesuai selera Anda, agar asupan makanan dan minuman Anda cukup selama perjalanan panjang di pesawat.

Siapkan camilan dan peralatan pribadi yang harus Anda bawa, dan jika Anda mempunyai anak, bawa makanan atau peralatannya secara lengkap

Kelihatannya ini gak penting, tapi sangat penting! Perlengkapan yang kelihatannya kecil, seperti snack kesukaan Anda, skincare, atau bagi yang wanita, kosmetik sederhana seperti bedak dan lipstik harus Anda siapkan. Untuk minuman, Anda hanya bisa membawa di penerbangan domestik, tetapi tidak bisa dibawa di penerbangan internasional.

Selain itu, jika Anda yang gemar mendengar musik, tak ada salahnya jika Anda membawa earphone dalam perjalanan Anda.

Dan, bagi Anda yang membawa anak kecil dalam perjalanan, jangan lupa mempersiapkan perlengkapannya selengkap mungkin. Mulai dari makanannya, dan bahkan mainannya. Tentunya agar si kecil tetap betah berada di dalam pesawat selama penerbangan berlangsung.

Selalu bawa baju hangat untuk perjalanan.

Suhu di pesawat yang terkadang dingin, tentunya bisa saja menjadi masalah bagi Anda yang tak tahan terhadap udara dingin, penting sekali membawa baju hangat di dalam tas bawaan Anda.

Siapkan permen yang aman, atau penutup telinga jika Anda membawa anak-anak

Permen yang aman dikonsumsi anak-anak, dan penutup telinga adalah 2 hal penting yang harus Anda bawa jika Anda membawa anak kecil bepergian dalam pesawat. Mengapa? Seperti yang kita tahu, saat mulai terbang dan proses mendarat, telinga kita tentunya sering merasa seperti tertutup, tak nyaman, bahkan terkadang sakit. Hal itu, tentunya sangat bisa mempengaruhi anak kecil di dalam pesawat. Nah, membawa penutup telinga dan permen yang aman dikonsumsi si kecil, sangatlah penting. Kedua benda ini, bisa membuat anak Anda merasa lebih nyaman saat pesawat mulai terbang maupun ketika dalam proses pendaratan.

THE DONT’s :

1. Menjalankan diet selama perjalanan jauh dalam pesawat

Lupakan diet selama perjalanan panjang di pesawat. Biarpun kelihatannya Anda tak melakukan banyak aktivitas di pesawat, makan yang cukup tetap diperlukan, karena perjalanan panjang tetaplah merupakan hal yang melelahkan.

2. Mengganggu penumpang lain atau cabin crew

Selama berada di pesawat, jangan pernah Anda mengganggu penumpang lain, atau cabin crew yang ada di pesawat. Termasuk diantaranya, Anda tidak boleh bertindak seenaknya, marah, mengucapkan kata kasar, atau melakukan kekerasan atau tindakan fisik kepada cabin crew atau penumpang lainnya. Hal itu bisa membuat Anda terkena sanksi atau hukuman. Siapapun Anda dan apapun posisi Anda dalam masyarakat, sopan santun tetap diutamakan ketika Anda berada dalam pesawat.

3. Merokok di dalam pesawat

Rokok tentunya bisa menyebabkan bahaya bagi penumpang di pesawat, karena mengandung bahan kimia yang jika terhirup oleh penumpang, bisa menyebabkan resiko kesehatan, seperti bisa beresiko menyebabkan sakit pada pernafasan, seperti misalnya asma atau bronkitis. Jadi, jangan merokok demi kesehatan semua penumpang yang ada dalam pesawat.

3. Berdiri atau duduk di tempat dan saat yang tidak tepat

Saat lampu tanda sabuk pengaman masih menyala, baik saat pesawat lepas landas atau menjelang pendaratan, jangan Anda berdiri atau pergi ke toilet. Hal itu tentu bisa berbahaya bagi Anda. Dan jika Anda membawa anak, pastikan anak Anda duduk tenang saat lampu kenakan sabuk pengaman masih menyala. Jika anak Anda berdiri atau berjalan di pesawat pada saat yang tak tepat, hal itu bisa membahayakan keselamatannya.

5. Menggunakan handphone tanpa setting airplane mode selama berada dalam pesawat

Jika Anda ingin posisi handphone Anda hidup selama di pesawat, pastikan handphone Anda dalam setting airplane mode. Jika Anda tidak melakukannya, hal itu bisa berbahaya, karena bisa merusak sistem pesawat, seperti instrumen navigasi, instrumen komunikasi pesawat, peralatan untuk mencegah gesekan pada udara, dan juga instrumen lainnya. Kalau instrumen dalam pesawat rusak, tentunya bisa berbahaya, bukan? Jadi, pastikan handphone Anda dalam setting atau pengaturan airplane mode, atau dalam keadaan mati.