Balai Lelang Christie’s Proyeksikan Bisa Jual Berlian Biru Rp780 Miliar

0
524
Berlian
Berlian biru terbesar dan paling berharga yang pernah dilelang diperkirakan bernilai lebih dari $48 juta. (Foto: Reuters)

(Vibizmedia – Internasional) Berlian biru tanpa cacat terbesar yang pernah dilelang sebelumnya diproyeksikan dapat dijual hingga $50 juta atau Rp780 miliar dalam lelang perhiasan langka di balai lelang Christie’s di Jenewa pada 7 November 2023.

Dikenal sebagai “Bleu Royal”, berlian biru cerah ini – yang dipasang pada sebuah cincin – termasuk jenis yang paling langka yang pernah ditemukan.

“Apa yang membuat Bleu Royal begitu langka dan istimewa adalah ukurannya. Dengan berat 17,6 karat, (berlian) ini merupakan yang terbesar dari jenisnya,” kata Rahul Kadakia, kepala perhiasan internasional Christie, pada Kamis (2/11).

“Warnanya sangat kaya secara alami, dan secara internal sempurna,” ujarnya.

Pada 2016, Christie’s menjual berlian biru langka 14,6 karat yang dikenal sebagai “Oppenheimer Blue” dengan harga lebih dari $57 juta.

“Kami berharap (berlian) ini akan mengalahkan Oppenheimer,” kata Kadakia tentang “Bleu Royal.”

“Kami telah melakukan tur ke seluruh dunia, ke Asia, Amerika, dan Eropa, dan kami mendapat minat yang baik dari para kolektor di seluruh dunia.”

Dalam lelang online terpisah yang berlangsung pada 3-16 November, Christie’s akan menawarkan kalung mutiara yang dikenakan oleh ikon film dan mode Audrey Hepburn di adegan terakhir film “Roman Holiday” pada 1953.

“Kami mematok harga $20.000 hingga $30.000, jadi cukup masuk akal,” kata Kadakia. “Semua orang bisa menjadi Audrey Hepburn.”

Juru lelang juga akan mempersembahkan jam tangan Rolex yang dikenakan oleh aktor Marlon Brando dalam film “Apocalypse Now” pada 1979. Sang aktor membubuhkan tandatangannya di bagian belakang jam tangan tersebut untuk menghindari tertukar secara tidak sengaja selama proses syuting.

“Apa yang membuatnya benar-benar unik adalah bahwa ini adalah salah satu memorabilia Rolex paling dikenal yang pernah muncul di lelang,” kata Remi Guillemin, kepala jam tangan Eropa di Christie’s.

Dua tahun lalu jam tangan tersebut, yang kini bernilai antara 1 juta dan 2 juta franc Swiss (Rp17,3-34,6 miliar), dijual di lelang seharga $2 juta franc Swiss (Rp34,6 miliar).

“Sungguh luar biasa mendapatkan kedua karya dari aktor luar biasa – Rolex dari Marlon Brando dan kalung dari Audrey Hepburn,” kata Guillemin.

Sumber: voaindonesia.com