Kenali Baking Soda yang Kaya Manfaat

0
1035
Baking soda yang kaya manfaat (Foto: Annie Sprat)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Tahukah Anda bahwa soda kue memiliki banyak manfaat? Bukan saja digunakan saat memangggang, tetapi juga dapat menyegarkan lemari es yang bau, menghilangkan noda dari meja dan dinding, dan bahkan membuat cucian Anda lebih segar.

Bahkan kenyataannya menggunakan soda kue dalam cucian adalah salah satu cara terbaik untuk memperoleh pakaian yang lebih segar—dan salah satu rahasia membersihkan yang teruji. Soda kue (Natrium Bikarbonat) adalah bahan umum dalam produk laundry. Bahkan soda kue adalah bahan dengan beragam manfaat yang bisa ditemukan dengan mudah.

Berikut adalah manfaat soda kue untuk cucian Anda. Soda kue dapat digunakan saat tugas mencuci, mulai dari menghilangkan bau tak sedap hingga menghilangkan noda membandel.

Bolehkah Memasukkan Soda Kue ke Dalam Cucian?

Sangat boleh. Silahkan mencoba trik mencuci pakaian ini secepatnya! Soda kue dapat menghilangkan bau tak sedap pada pakaian, mencerahkan kain kotor, menghilangkan noda minyak, dan masih banyak lagi. Anda akan menyukainya karena lembut dan alami. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang potensi bahan kimia yang tidak aman di bawah hidung dan kulit Anda. Hal yang membuat soda kue menjadi bahan yang bagus untuk membuat kue—tingkat pH basanya ringan dan tidak bersifat asam—juga menjadikannya sebagai bahan tambahan yang bagus untuk cucian.

Untuk Menghilangkan Bau pada Cucian

Jika Anda pernah memiliki cucian yang terlalu lama disimpan di mesin cuci dan berbau “asam” atau berjamur, coba masukkan lagi ke dalam mesin cuci dengan soda kue. Jika Anda mengeluarkan cucian dari pengering dan baunya tidak segar, lakukan hal yang sama. Tentu saja ini merupakan langkah ekstra, tetapi itu sepadan—dan Anda benar-benar tidak akan bisa menghilangkan bau tersebut tanpa pencucian yang benar.

Inilah cara melakukannya.
1. Larutkan 1/2 hingga 1 cangkir soda kue dalam 3 hingga 4 cangkir air hangat, dan masukkan ke dalam baskom mesin cuci Anda. Jika Anda dapat menghentikan pengisian mesin di tengah-tengah, tambahkan saat air telah memenuhi mesin.
2. Tambahkan deterjen dan cuci dengan air hangat dengan bilasan dingin. Air hangat akan memastikan soda kue larut sepenuhnya, dan bilasan dingin hanyalah suhu yang saya sukai untuk cucian, karena dapat mencegah luntur dan menyusut. Jika label perawatan pada pakaian memerlukan suhu air yang berbeda, lakukan saja.
3. Keringkan sesuai petunjuk perawatan kain.

Jika Anda ingin menghilangkan bau dari pakaian bau yang belum dicuci—bau makanan, api unggun, keringat—ikuti metode yang disebutkan di atas, tetapi tambahkan bilasan ekstra untuk memastikan baunya hilang. Biasanya Anda dapat menambahkan siklus pembilasan ekstra ke siklus reguler pada mesin Anda, namun jika Anda tidak memiliki opsi tersebut, biarkan mesin menjalankan siklus pencucian penuhnya, lalu jalankan siklus pembilasan.

Menghilangkan Bau dari Kain yang Tidak Bisa Dicuci

Jika Anda memiliki tirai, bantal, pakaian yang hanya bisa dicuci kering, atau apa pun yang tidak bisa dicuci tetapi perlu disegarkan, soda kue bisa melakukannya!

Berikut tipsnya:
1. Tambahkan 1 cangkir soda kue ke dalam stoples Mason.
2. Taburkan 10 tetes campuran minyak esensial favorit Anda. Campur dengan pisau meja atau sendok besar tepat di dalam toples.
3. Letakkan selembar kain atau kertas roti di bawah cincin stoples Mason. Cincin akan menahan kain atau kertas roti tetap utuh, menjaga campuran soda kue tetap berada di dalam stoples sambil tetap membiarkan aromanya meresap ke udara.
4. Tempatkan toples di dalam kotak atau tempat sampah yang berisi benda-benda berbau. Biarkan selama semalam, atau lebih lama jika diperlukan.

Tips Profesional
Anda juga bisa memasukkan campuran ini ke dalam sachet kain atau lemari. Pastikan sachetnya diikat atau dijahit agar campurannya tidak bocor ke barang Anda.

Untuk Menghilangkan Noda

Jika Anda memiliki noda berminyak, seperti cipratan masakan atau noda keringat, soda kue adalah solusi yang tepat. Soda kue tidak hanya menyerap minyak, tetapi juga memiliki tekstur abrasif ringan yang dapat digunakan untuk menghilangkan noda.
1. Bilas noda di bagian belakang kain agar tidak semakin menempel di serat.
2. Taburi noda dengan soda kue—secukupnya hingga menutupinya.
3. Tambahkan sedikit sabun cuci piring
4. Gosokkan soda kue dan sabun dengan jari Anda, sikat cucian yang lembut, atau sikat gigi yang bersih.
5. Diamkan campuran selama 15 menit atau lebih.
6. Cuci seperti biasa.
7. Jika noda masih tersisa setelah dicuci, ulangi proses tersebut sebelum mengeringkannya

Jangan Gunakan Secara Berlebihan

Agar deterjen dan pemutih bekerja lebih baik, soda kue dapat meningkatkan kualitas deterjen dan pemutih, yang sangat baik terutama untuk pakaian putih atau pakaian bekas yang kotor. Natrium bikarbonat merupakan bahan umum dalam deterjen, tapi berhati-hatilah untuk tidak menggunakannya secara berlebihan saat menambahkannya ke cucian Anda, dan jangan mencampurkannya dengan bahan yang tidak diketahui.

Berikut tipsnya:
1. Campurkan 1/2 hingga 1 cangkir soda kue dengan 2 cangkir air hangat. Aduk hingga larut.
2. Tambahkan campuran tersebut ke mesin cuci Anda, tepat di atas cucian Anda. Jika Anda dapat menghentikan pengisian mesin di tengah-tengah, tambahkan saat air telah memenuhi mesin.
3. Tambahkan deterjen pilihan Anda, dan cuci dengan air hangat dengan bilasan dingin atau dingin.
4. Keringkan seperti biasa, sesuai dengan label perawatan kain pada item Anda.

Bisa Untuk Membersihkan Setrika

Jika Anda memiliki bekas gosong pada setrika, pasta lembut yang terbuat dari soda kue dan air dapat menghilangkannya. Pasta akan bertindak sebagai bahan abrasif ringan, menghilangkan bekas tanpa merusak logam.
1. Mulailah dengan setrika dingin yang sudah dicabut.
2. Campurkan 1 sendok makan soda kue dengan sedikit air untuk membuat pasta yang memiliki konsistensi encer seperti pasta gigi.
3. Celupkan kain mikrofiber atau spons yang lembut dan bersih ke dalam pasta, lalu gosokkan pada bekas gosong hingga hilang.
4. Bilas kain mikrofiber, dan gunakan untuk menyeka pelat besi hingga bersih.
5. Lanjutkan hingga bekas gosong dan campuran soda kue hilang.

Bisakah Anda Mencampur Soda Kue dengan Deterjen?
Ya. Pastikan untuk melarutkan soda kue sepenuhnya dalam air hangat agar dapat bekerja dengan baik dengan deterjen. Melarutkan soda kue terlebih dahulu akan memastikan baking soda langsung siap digunakan.

Manakah yang Lebih Baik untuk Mencuci, Cuka atau Soda Kue?
Keduanya bagus, tapi tujuannya berbeda. Saat Anda memasukkan soda kue ke dalam cucian, soda kue berfungsi terutama sebagai penyegar dan pewangi. Anda juga bisa menggunakan cuka dalam mencuci pakaian untuk tujuan ini, namun lebih digunakan sebagai pelembut kain. Simpan keduanya di ruang cuci, dan lihat mana yang paling tepat sesuai tujuan pemakaiannya.

Bisakah Anda Mencampurkan Cuka dan Soda Kue ke dalam Mesin Cuci?
TIDAK! Karena keduanya berada pada sisi spektrum pH yang berlawanan—soda kue memiliki pH basa sebesar 9, sedangkan cuka putih memiliki pH asam sebesar 2—keduanya akan saling menghilangkan jika digabungkan.

Oleh karena itu, Anda dapat memasukkan soda kue ke dalam baskom mesin cuci, lalu memasukkan cuka ke dalam wadah pelembut. Hal ini berhasil karena cuka akan terlepas pada siklus pembilasan setelah soda kue bekerja dengan baik.