Gaya Hidup Sehat Ala Orang Vietnam

0
1048
Taman rindang dengan berbagai alat fitness di Vietnam (Foto: Riris Yunita)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Bagi orang Vietnam kesehatan dan kebugaran merupakan hal yang sangat diperhatikan dan penting. Tidaklah heran jika ada salah satu keunikan yang dapat kita temui hampir di setiap kota di Vietnam, baik di Hanoi, Vietnam utara ataupun di Ho Chi Min (Saigon), Vietnam Selatan, yaitu adanya taman yang rindang dilengkapi dengan fasilitas olahraga yang sudah tersedia.

Jika berkunjung ke Vietnam, maka hampir di semua taman di kota-kota Vietnam akan ditemukan alat-alat fitness yang disediakan pemerintah secara gratis, dapat digunakan oleh semua lapisan masyarakat dan juga para turis yang berkunjung ke Vitenam.

Warga berolah raga menggunakan peralatan olah raga di taman kota (Foto: Riris Yunita)

Peralatan olahraga yang disediakan di setiap taman beraneka ragam, mulai dari butterfly machibe, sepeda statis, twister, rowing machine, freestyle glider, dan ada juga permainan umum seperti ayunan, dan jungkat jungkit. Semua peralatan yang tersedia sangat bermanfaat dan digunakan, bahkan dimanfaatkan juga oleh murid-murid sekolah. Mereka menggunakannya untuk pelajaran olahraga dan juga untuk latihan baris berbaris.

Menikmati semua fasilitas olahraga di pagi atau sore hari sudah merupakan kebiasaan warga Vietnam. Selain berolahraga, ada juga yang jogging atau hanya sekedar duduk-duduk dan bercengkrama dengan teman-teman sambil menikmati akan sejuk nya pepohonan di taman.

Keunikan adanya peralatan fitness di taman yang disediakan sebagai fasilitas umum juga menarik perhatian para turis yang berkunjung ke Vietnam. Tidak sedikit turis mencobanya termasuk penulis yang sedang berkunjung di Ho Chi Min pada waktu itu. Selain mencobanya, tak lupa juga mengabadikan dengan memotret suasana dan aktivitas di taman itu.

Peralatan yang disediakan berkualitas bagus dan biasa ditemukan di tempat-tempat fitness. Tetapi di Vietnam peralatan ini menjadi gratis dan diperuntukkan untuk umum dan dapat digunakan oleh siapa pun.

Jika mengunjungi beberapa kota di Vietnam maka suasana yang sama bisa ditemui, yaitu budaya berolahraga masyarakat Vietnam, yang sangat memperhatikan akan kesehatan mereka. Warga Vietnam biasa sudah berolahraga sejak pagi hari mulai sekitar jam 5 pagi. Aktivitasnya beragam, seperti senam, lari pagi atau menggunakan peralatan fitness yang telah disediakan di taman yang ada di lingkungan mereka.

Kelihatannya pilihan untuk bugar di Vietnam tersedia dan dapat segera dinikmati bagi siapa saja. Bisa hanya dengan berjalan-jalan santai sambil menikmati sejuknya udara dan angin dari pepohonan atau berolahraga dengan menggunakan fasilitas peralatan fitness yang telah tersedia. Dan entah ini apakah merupakan sebuah tradisi atau aturan, jarang sekali menemukan wanita atau pria Vietnam dengan badan yang besar atau kelebihan berat badan.

Penulis: Riris Yunita

Editor: Hanny Nugrahani