Perangko Edisi Spesial Dirilis PosIND dengan Tema Jajanan dan Minuman Tradisional Indonesia

0
233

(Vibizmedia – Nasional)  Mulai hari ini, Senin (22/4/2024), PT Pos Indonesia atau PosIND merilis prangko edisi spesial “Jajanan dan Minuman Tradisional Indonesia”.

Pilihan tema dilakukan karena Indonesia memiliki jajanan dan minuman tradisional yang beragam. Tidak hanya lezat, jajanan dan minuman tradisional di Indonesia juga memiliki ciri khas masing-masing tergantung daerah masing-masing. Selain itu, juga terdapat nilai historis dan budaya yang tinggi di setiap hidangan.

PosIND memilih empat jajanan dan minuman tradisional menjadi gambar di prangko edisi spesial kali ini, yaitu Awug, bandrek, wedang ronde, dan carabikang.

Keempat jajanan dan minuman tersebut dipilih karena mencerminkan kekayaan kuliner Indonesia yang beragam. Keberadaannya juga telah menemani masyarakat sejak zaman dahulu dan diwariskan turun-temurun dari generasi ke generasi.

Carabikang merupakan kue tradisional dari Sunda, Jawa Barat, yang terbuat dari  tepung beras, santan, gula pasir, dan telur yang cara memasaknya dipanggang dalam cetakan dan menggunakan khusus hingga membentuk seperti bunga.

Sementara wedang ronde merupakan minuman khas dari Jawa, khususnya Jawa Tengah, terbuat dari jahe dengan cita rasa manis dan disajikan bersama ronde, kacang tanah, dan kolang-kaling. Ronde adalah bola-bola yang terbuat dari tepung ketan dan diisi dengan gula merah.

Bandrek adalah minuman tradisional dari Jawa yang terbuat dari jahe, santan, gula merah, dan sedikit lada. Biasanya diminum saat cuaca sedang dingin karena memberikan efek hangat.

Yang terakhir adalah Awug, makanan manis yang berasal dari Jawa, terbuat dari campuran tepung beras ketan, kelapa parut dan gula merah.Cara memasaknya dengan dibungkus menggunakan daun pisang lalu dikukus. Jajanan yang satu ini memiliki cita rasa gurih dan manis yang legit.

Dilansir dari Instagram @posindonesia.ig, prangko edisi “Jajanan dan Minuman Tradisional” ini sudah bisa dibeli mulai hari ini Senin (22/4/2024).

Pembelian dapat dilakukan langsung melalui Kantor Pos terdekat atau secara online melalui website filateli.co.id. Untuk lebih lengkapnya silahkan mengecek katalog prangko lainnya di laman katalog.filateli.co.id.