Küçüksu Kasrı, Istana Eksotik di Bosphorus, Istanbul, Turki

0
954
Foto: Instagram kucuksukasri1

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Küçüksu Kasrı, adalah sebuah pavilyun musim panas yang dikenal sebagai Göksu Pavilion, terletak di daerah antara sungai Küçüksu dan Göksu di Bosphorus, Istanbul, Turki. Paviyun ini dibangun atas perintah Sultan Abd-ul-Mejid I yang di arsiteki oleh arsitek Garabet Amira Balyan dan putranya Nigoğayos Balyan dalam gaya neo-barok. Pavilyun ini selesai dibangun pada tahun 1857.

Dalam pemerintahan Mahmud I, Grand Vizier Divittar Mehmed Pasha membangun dan menggantikan Küçüksu Kasrı dengan istana kayu dua lantai.

Lantai bawah dipergunakan untuk dapur, gudang dan kamar pelayan, sementara  lantai atas memiliki empat kamar dengan desain seperti rumah tradisional Turki dengan hiasan lampu gantung kristal dari Bohem.

Bangunan istana ini berbeda dengan bangunan keraton pada umumnya di negara lainnya. Bentuk bangunannya tidak dikelilingi tembok tinggi, melainkan pagar besi anggun yang dibuat dengan cara teknik cor dilengkapi dengan pintu empat arah.

Adapun pavilyun ini selain digunakan oleh para Sultan Ottoman untuk tempat singgah selama perjalanan di pedesaan juga digunakan saat mereka berburu. Situs ini di awal era Republik digunakan beberapa tahun untuk tamu negara.

Pada tahun 1944, setelah situs ini direstorasi secara menyeluruh, dibuka kembali untuk umum dan dipakai sebagai istana museum.

Dengan adanya abrasi laut maka istana ini direstorasi kembali secara menyeluruh pada tahun 1992 untuk mencegah abrasi laut yang berakibat istana ini roboh ke laut.

Selesai direstorasi menyeluruh istana ini dibuka kembali pada tahun 1996 sebagai Istana Museum.

Paviliun Küçüksu, yang juga disebut Istana Museum adalah merupakan museum seni yang kaya dengan ornamen timbul dan ukiran plester yang terdapat pada langit langit bangunan dan dekorasi menyeluruh yang diperkaya renovasi dengan menggunakan motif hias barat yang ramai dengan hiasan relief dekat kolam kecil ada air mancur di bagian depan laut

Demikian juga di dalam bangunan terdapat perapian yang terbuat dari kelereng Italia dalam berbagai warna yang bentuknya mirip museum perapian, di setiap ruangan di dekor dengan pengerjaan yang halus di setiap ruangan

Selain dipakai untuk istana museum, juga dijadikan sebagai dermaga dan dilengkapi dengan alun alun maupun air mancur yang dilengkapi dengan layanan kafetaria sekitar air mancur.

Di sebelah paviliun dibangun kawasan pejalan kaki yang disediakan untuk masyarakat agar dapat bernostalgia seperti dahulu sambil menikmati pemandangan sambil bersantai dan bersenang senang. Bahkan dermaganya diperluas lagi untuk keperluan resepsi nasional maupun resepsi Internasional.

Itu semua dibangun di area Küçüksu Kasrı, dengan tujuan dapat menarik perhatian baik para wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar negeri untuk berkunjung ke Küçüksu Kasrı, di Bosphorus, Istanbul, Turki.

Foto: Instagram kucuksukasri1