Membangun Bisnis Komponen Baterai di Eropa dan Amerika Utara

0
1067
Baterai
3d rendering group of electric cars with pack of battery cells module on platform in a row

(Vibizmedia-Kolom) Pertumbuhan yang menguntungkan dari industri kendaraan listrik akan membutuhkan pemasok bahan baterai dan komponennya—baik mereka yang merupakan disruptor atau perusahaan mapan—untuk mengalokasikan modal yang digunakan dalam membangun fasilitas pemrosesan baru, sambil dengan hati-hati menghadapi tantangan kimia baterai yang tidak menentu.

Melokalisasi rantai pasokan baterai di Eropa dan Amerika Utara kemungkinan akan membutuhkan pendanaan yang besar. Rantai pasokan komponen untuk bahan aktif katoda dan anoda, elektrolit, dan separator diperkirakan bernilai lebih dari $35 miliar per tahun di Amerika Utara, namun akan memerlukan investasi sekitar $25 miliar untuk mengembangkannya. Sumber pendanaan potensial mencakup regulator, OEM otomotif, produsen sel, dan investor swasta.

Di Amerika Serikat, Departemen Energi telah mengalokasikan dana hingga $3,5 miliar untuk pembuatan baterai, yang mencakup pendanaan untuk fasilitas baru, yang diperbaiki, dan diperluas untuk berbagai komponen bahan dan proses manufaktur baterai. Pendanaan ini merupakan bagian dari paket senilai $6 miliar yang bertujuan untuk mempercepat proyek dekarbonisasi di industri padat energi.

Pada saat yang sama, Komisi Eropa telah membentuk instrumen khusus di bawah Dana Inovasi untuk mendukung rantai nilai baterai, dengan mengalokasikan hingga €3 miliar. Pendanaan ini ditargetkan untuk meningkatkan bagian tengah rantai nilai baterai, khususnya produksi sel, dan dapat merangsang investasi di bagian lain dari rantai nilai tersebut.

Meningkatkan sumber daya manusia akan menjadi elemen penting dalam pertumbuhan industri—namun kekurangan tenaga kerja untuk bidang-bidang penting di Amerika Serikat dapat meningkatkan risiko terkait waktu dan biaya. Faktanya, pembengkakan biaya rata-rata proyek bisa mencapai $1,2 miliar—79 persen dari anggaran awal—dan penundaan bisa berkisar antara enam bulan hingga dua tahun. Untuk melakukan penskalaan yang sesuai, produsen dapat mengadopsi strategi pengadaan yang kuat saat merekrut dan praktik pengoptimalan yang efektif untuk mengelola proses.

Undang-undang baru mendorong lokalisasi komponen sel baterai di Amerika Utara dan Eropa

Menurut Perspektif Energi Global 2023 McKinsey , kendaraan listrik tiga hingga empat kali lebih hemat energi dibandingkan kendaraan bermesin pembakaran internal dan oleh karena itu akan memainkan peran penting dalam menurunkan emisi. Namun, produksi baterai tidak bebas emisi dan tunduk pada peraturan pemerintah yang berbeda-beda di setiap yurisdiksi. Misalnya, pemasok bahan aktif katoda di Amerika Serikat perlu mengelola emisi nikel mereka dengan cermat agar dapat mematuhi peraturan kualitas udara. Dan produsen bahan aktif katoda global perlu menyesuaikan desain agar mematuhi peraturan setempat jika mereka ingin berproduksi di Amerika Utara.

Inflation Reduction Act (IRA) di Amerika Serikat dan Green Deal Industrial Plan (GDIP) di Uni Eropa diharapkan dapat meningkatkan investasi lokal dalam rantai nilai baterai. Pada saat yang sama, peraturan tersebut mencerminkan peraturan lingkungan hidup di wilayah tersebut, yang lebih ketat dibandingkan peraturan di Asia. Dalam lingkungan peraturan ini, memanfaatkan sumber energi terbarukan menawarkan keuntungan yang signifikan dan telah diadopsi oleh banyak pemasok di Eropa.

Subsidi IRA dapat dibagi menjadi dua pilar. Pilar pertama berfokus pada subsidi komponen sel, termasuk insentif untuk produksi baterai dan kredit pajak kendaraan ramah lingkungan. Pilar kedua terdiri dari kredit manufaktur dan persyaratan lokalisasi yang mendorong produksi sel baterai, modul, dan kendaraan listrik dalam negeri, termasuk pengadaan mineral penting.

Khususnya, semakin banyak mineral penting yang harus berasal dari penambangan, pengilangan, atau daur ulang—dari 40 persen nilai komponen baterai pada tahun 2023 menjadi 80 persen pada tahun 2029. Agar tetap patuh dan kompetitif, produsen sel baterai harus memantau pembaruan, menyesuaikan strategi, dan berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan untuk meminimalkan ketergantungan pada mineral yang diatur.

GDIP UE bertujuan untuk mendorong lokalisasi gigafactory dan mendukung pertumbuhan industri baterai untuk memenuhi 40 persen permintaan Eropa pada tahun 2030. Selain itu, Uni Eropa telah membentuk instrumen untuk mempercepat akses bantuan negara dari European Sovereignty Fund dan Temporary Crisis and Transition Framework (TCTF). Dalam TCTF, Uni Eropa menyediakan pendanaan sebesar €150 juta hingga €350 juta sebagai subsidi tahap investasi, yang dapat ditingkatkan oleh negara-negara anggota agar sesuai dengan bantuan negara yang ditawarkan oleh negara-negara non-Eropa. Hal ini pada dasarnya memberikan dukungan ad hoc kepada perusahaan-perusahaan yang berisiko mengalihkan investasinya ke lokasi di luar Uni Eropa.

Evolusi teknologi akan segera terjadi

Kimia baterai diperkirakan akan berkembang pesat menjelang tahun 2030, yang mungkin mengharuskan pemain komponen baterai di Amerika Utara dan Eropa untuk berinvestasi dalam teknologi dan penelitian yang ditargetkan. Dalam pasar yang kompetitif dengan sumber daya yang terbatas, investasi ini dapat menimbulkan dampak langsung terhadap uang tunai dan profitabilitas serta risiko kelangsungan hidup jangka panjang jika investasi tersebut gagal untuk ditingkatkan.

Pergeseran utama yang dihadapi sektor ini adalah sebagai berikut:

  • Setelah mencapai daya saing biaya, anoda silikon dan litium-logam siap untuk mendapatkan pangsa pasar dari grafit sintetis dan alami dalam jangka panjang.
  • Pasar katoda masih terus berubah dalam jangka menengah dan panjang, dengan katoda dengan kandungan nikel yang sangat tinggi bersaing dengan lithium iron phosphate (LFP), litium mangan (nikel) oksida, litium sulfur, dan litium udara, serta produk kimia lainnya.
  • Elektrolit cair menghadapi risiko jika elektrolit padat berhasil diindustrialisasi; bahkan kimia sel keadaan padat hibrid akan memerlukan elektrolit tingkat lanjut atau semipadat.
  • Pemisah berlapis proses basah Ultrahigh-molecular-weight polyethylene (UHPE) dapat membuka jalan bagi pemisah keramik dalam desain sel masa depan.

Sifat kimia yang terus berkembang berarti bahwa pemasok kemungkinan besar memerlukan penelitian dan pengembangan yang kuat dan strategi manufaktur yang mendorong pemanfaatan pabrik sambil mempertimbangkan berbagai jenis kimia atau teknologi pemrosesan. Pertimbangannya dapat mencakup pengembangan bersama, kemitraan penelitian dan pengembangan, dan M&A. Pada gilirannya, pemasok bahan dan komponen baterai kemungkinan akan menghadapi tantangan pertumbuhan lintas wilayah, mulai dari penetrasi kimia sel secara regional hingga merancang strategi komersial lintas wilayah.

Faktor pendukung: Membangun bisnis komponen baterai yang sukses

Dari start-up hingga scale-up, pemasok terkemuka sering kali berfokus pada tiga hal yang memungkinkan: menempatkan taruhan secara strategis sejak awal, membangun tulang punggung untuk mencapai kesuksesan, dan secara efisien melakukan penambahan kapasitas.

Peningkatan kapasitas dapat membantu perusahaan memproduksi bahan dan komponen baterai sekaligus meningkatkan penelitian dan pengembangan. Hal ini sering kali memerlukan perencanaan strategis dan disiplin dalam empat dimensi berikut:

Focused technology road map while pushing the boundaries Teknologi baterai berkembang pesat, yang berarti pemasok terus berinovasi dibandingkan mengejar “one hit wonder”. Para pemimpin biasanya fokus pada serangkaian pilihan nyata dan memaksimalkan fleksibilitas untuk memastikan pemanfaatan pabrik, apa pun teknologi yang digunakan.

Buat rencana alokasi modal dan navigasikan ketidakpastian pasar modal. Ketika ketersediaan modal semakin ketat, strategi pertumbuhan yang efisien menjadi lebih diutamakan dibandingkan pertumbuhan dengan segala cara. Dalam lingkungan teknologi yang dinamis, rencana alokasi modal yang dipertimbangkan dengan cermat dapat membantu meminimalkan risiko penurunan dan memungkinkan terjadinya keuntungan.

Prioritaskan pasar yang lebih dekat, lebih terjangkau, dan lebih familiar hingga pedoman yang terbukti tersedia untuk operasi berkelanjutan dan unit ekonomi yang positif.

Ciptakan strategi masuk ke pasar yang kuat. Pertimbangkan kompleksitas kualifikasi produk dan jadwal pelanggan saat memetakan jalur untuk mendapatkan offtake agreement.

Tindakan cepat sangat penting untuk memenuhi permintaan pasokan komponen sel baterai lokal—dan peluangnya baru saja mulai terbuka bagi mereka yang dapat memenuhi kebutuhan di Eropa dan Amerika Utara. Mengambil langkah yang tepat sejak dini bisa menjadi pembeda antara tertinggal atau tetap menjadi yang terdepan.