Awan Panas yang Melanda Meksiko Membawa Panas ke Beberapa Wilayah di AS

Gelombang panas yang berkepanjangan dan mematikan di Meksiko, salah satu yang paling ekstrem yang pernah dialami negara itu, tidak menunjukkan tanda-tanda akan mereda dan merembes ke Amerika Serikat, tempat gelombang itu telah memecahkan rekor dan memicu badai yang dahsyat.

0
143
Meksiko
Istana Palacio de Bellas Artes (Foto: Hendrik Wijaya)

(Vibizmedia-Around The World) Gelombang panas yang berkepanjangan dan mematikan di Meksiko, salah satu yang paling ekstrem yang pernah dialami negara itu, tidak menunjukkan tanda-tanda akan mereda dan merembes ke Amerika Serikat, tempat gelombang itu telah memecahkan rekor dan memicu badai yang dahsyat. Panas telah memecahkan rekor di Meksiko sejak awal Mei. Banyak negara bagian Meksiko telah mencatat suhu tertinggi yang pernah tercatat, sementara lebih dari 80 persen wilayah negara itu juga mengalami kekeringan. Kota Meksiko telah mencatat rekor suhu tertinggi sepanjang masa pada beberapa kesempatan, sementara kekhawatiran berkembang bahwa kota itu mungkin kehabisan air.

Setidaknya empat lusin orang telah meninggal karena sengatan panas dan dehidrasi di Meksiko selama dua bulan terakhir. Dan panas juga berdampak buruk pada satwa liar. Hampir 150 monyet howler telah mati karena suhu yang tinggi. Tidak ada tanda-tanda akan membaik. Para peneliti di Universitas Otonom Nasional Meksiko memperingatkan minggu lalu bahwa negara itu “akan mengalami suhu tertinggi yang pernah tercatat” hingga awal Juni. Sementara itu, ada tanda-tanda bahwa zona tekanan tinggi yang intens yang memicu suhu tinggi, yang dikenal sebagai kubah panas, dapat meluas ke utara ke Amerika Serikat bagian barat selama minggu depan

Beginilah keadaan di Meksiko

Suhu Kota Meksiko melonjak hingga 94,5 derajat Fahrenheit (34,7 Celsius) pada hari Jumat dan Sabtu, suhu tertinggi dalam 150 tahun penyimpanan data, menurut Layanan Meteorologi Nasional negara tersebut. Ibu kota tersebut juga mencatat rekor suhu tertinggi pada hari kalender di atas 90 derajat pada hari Minggu dan Senin. Suhu ini mungkin tidak tampak terlalu tinggi, tetapi luar biasa untuk kota dengan ketinggian lebih dari 7.000 kaki. Pada ketinggian yang lebih rendah, suhu jauh lebih tinggi, mendekati 122 derajat Fahrenheit (50 Celsius).

Di Meksiko selatan, suhu mencapai 118,4 derajat Fahrenheit (48 Celsius) di Valle Nacional selama akhir pekan, menandai hari terpanas di negara bagian Oaxaca, menurut sejarawan iklim Maximiliano Herrera. Suhu tertinggi 116,6 derajat Fahrenheit (47 Celsius) tercatat di Monclova, daerah pegunungan sekitar 120 mil barat daya Laredo, Texas, yang merupakan suhu tertinggi sepanjang masa di negara bagian Coahuila. Cuaca panas memperburuk kekeringan yang melanda sebagian besar negara, dengan mempercepat penguapan air dari permukaan tanah. Sekitar 80 persen wilayah negara mengalami kekeringan — 30 persen parah atau ekstrem — menurut pembaruan terbaru dari North American Drought Monitor. Cuaca panas dan kekeringan memperparah kebakaran yang terjadi di sejumlah wilayah.

Panas yang berpindah-pindah perbatasan

Awan panas yang menjadi penyebab atas panas di Meksiko terkadang bergerak ke utara ke Amerika Serikat bagian selatan, khususnya bagian selatan Texas dan Florida. Indeks panas, ukuran seberapa panas rasanya dengan memperhitungkan kelembapan, mencapai setidaknya 115 derajat Fahrenheit (46 Celcius) pada Hari Peringatan di Bandara Houston Hobby, memecahkan rekor sebelumnya pada bulan Mei sebesar 108 derajat Fahrenheit dari tahun 1998. Indeks panas 115 derajat Fahrenheit (46 Celcius) melampaui suhu tertinggi musim panas yang biasanya sebesar 111 derajat Fahrenheit (43.9 Celcius). Indeks panas yang brutal juga melanda Florida Keys dan Florida Selatan dari kubah panas yang sama sekitar 10 hari yang lalu.

Panas yang melanda Texas juga telah memicu badai petir dahsyat yang melanda Houston dan Dallas dalam dua minggu terakhir. Suhu telah meningkat secara teratur mendekati atau di atas 110 derajat (43.8 Celcius) di beberapa bagian Texas selatan sejak 18 Mei. Desa Rio Grande telah mengalami suhu tertinggi berkisar antara 110 (43.8 Celcius) dan 115 (46 Celcius) selama sebagian besar waktu itu, termasuk suhu tertinggi 115(46 Celcius) pada hari Senin. Del Rio mencapai 112 (44 Celcius) derajat pada hari Minggu, rekor bulan Mei.

Banyak tempat di Florida Selatan dan bagian selatan Texas telah mencatat beberapa rekor suhu tertinggi bulan ini, termasuk West Palm Beach (9 rekor suhu tertinggi); Brownsville, Tex. (9); Fort Lauderdale (8); Key West (7); dan Del Rio (7). Banyak lokasi di atas mengalami Mei terhangat yang pernah tercatat, seperti halnya Miami, Tampa, dan Orlando. Sejumlah rekor suhu tertinggi tambahan diprediksi dalam beberapa hari mendatang, pertama di Florida, dan mungkin lagi di Texas minggu depan.

Cuaca panas akan terbentuk di utara

Menjelang bulan-bulan musim panas, pola cuaca panas diperkirakan akan terus berlanjut, hanya mereda sebentar. Selama satu hingga dua minggu ke depan, kubah panas diperkirakan akan terbentuk di utara dan barat. Karena terus membakar Meksiko dan Texas, perluasannya ke utara dapat menyebabkan gelombang panas pertama musim ini di Amerika Serikat bagian barat dalam tujuh hingga 10 hari. Florida mungkin akan merasakan sedikit kelegaan dari panas karena penurunan aliran jet di Amerika Serikat bagian timur.

Pusat Prediksi Iklim dari National Weather Service mengeluarkan prospek yang menyerukan risiko sedikit hingga sedang dari panas yang berlebihan di sebagian besar wilayah Barat antara tanggal 5 dan 11 Juni. Awan panas di atas Meksiko mungkin diperkuat oleh gelombang panas laut di Samudra Pasifik bagian timur, Teluk Meksiko, dan Karibia. Besarnya kehangatan di daratan dan lautan terkait dengan pola iklim El Niño dan perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia, yang telah mendorong suhu ke tingkat rekor.