Event JaKreatiFest dan Festival Jakarta Great Sale 2024 Kembangkan Ekonomi Jakarta Jadi Pusat Ekonomi dan Bisnis Global

0
169
wujud sinergi Pemprov DKI Jakarta bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta untuk terus mengembangkan ekonomi di Jakarta melalui Jakreatifest dan Festival Jakarta Great Sale 2024 (Foto: Pemprov DKI Jakarta)

(Vibizmedia – Jakarta) Event Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest) dan Festival Jakarta Great Sale 2024 menjadi perwujudan sinergi Pemprov DKI Jakarta bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta untuk terus mengembangkan ekonomi di Jakarta, sejalan dengan perubahan status Jakarta dari Ibu Kota Negara menjadi pusat ekonomi dan bisnis berskala global.

Hal itu disampaikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono didampingi Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda Provinsi DKI Jakarta, Sri Haryati, saat Opening Ceremony Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest) dan Festival Jakarta Great Sale 2024 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2024).

Heru menyampaikan, sinergi yang erat antara Pemprov DKI Jakarta dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta  sangat dibutuhkan untuk bersama-sama memperkuat posisi aspek-aspek Jakarta menuju kota global.

Dikutip dari siaran pers Pemprov DKI Jakarta, Kamis (6/6/2024), Heru menyatakan, hal ini dapat ditempuh dengan mengoptimalkan ekonomi yang kuat dan terhubung secara global, kapasitas riset dan inovasi, serta aksesibilitas yang baik secara intra dan interkota.

Heru juga memberikan apresiasi kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta atas kontribusi nyata yang dilakukan selama ini. Kontribusi tersebut, seperti pengendalian inflasi, mendorong pertumbuhan investasi dan ekonomi, pengembangan UMKM dan digitalisasi, serta menjalin kemitraan dengan Pemprov DKI Jakarta, termasuk penyelenggaraan Jakarta Kreatif Festival.

Hal itu juga merupakan implementasi dan tindak lanjut dari pengesahan UU Daerah Khusus Jakarta, yang membuka peluang besar bagi Jakarta untuk mendorong ekonomi kreatif dan menjadi kota global. Melalui strategi Push and Pull yang telah dijalankan oleh Bank Indonesia, diharapkan nantinya dapat turut mendorong pertumbuhan ekonomi Jakarta hingga menembus 5 persen.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Arlyana Abubakar menyampaikan, ada tiga poin utama dalam penyelenggaraan JaKreatiFest 2024, yaitu perluasan business matching UMKM dengan lembaga pembiayaan dan potential buyer; inovasi program dengan menyediakan sejumlah layanan, seperti edukasi dan pendampingan sertifikasi halal bagi UMKM dan pameran UMKM secara offline dan online; dan talkshow edukatif untuk meningkatkan literasi masyarakat dengan mengangkat topik digitalisasi pembayaran, ekonomi syariah, halal lifestyle, keuangan inklusif dan pelindungan konsumen, UMKM ekspor, serta produk pangan olahan.

Ariyana menyatakan, hal ini dilakukan dalam rangka mendukung pengembangan UMKM di Jakarta. Sehingga, dapat memperkuat dan memperluas akses pembiayaan serta akses pasar pelaku UMKM.

JaKreatiFest akan berfokus pada pengembangan dan pemberdayaan sektor UMKM, stabilitas harga, serta digitalisasi sistem pembayaran. JaKreatiFest dilaksanakan pada 6 sampai 9 Juni 2024, di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Pada JaKreatiFest 2024, terdapat showcase atau pameran dari 79 UMKM, yang terdiri dari 20 UMKM fashion, 20 UMKM food and beverage, 20 UMKM bumbu olahan, 11 UMKM kerajinan atau craft, dan 8 UMKM kopi. Jenis UMKM yang terlibat terdiri dari UMKM binaan Bank Indonesia, Dekranasda DKI Jakarta, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, serta UMKM Mitra.

Selain showcase UMKM, terdapat tiga booth layanan dan delapan booth informasi dan edukasi masyarakat, sebagai berikut:

Booth Layanan:
1. Booth Layanan Pajak/Retribusi
2. Booth Layanan Penukaran Uang Rupiah
3. Booth Layanan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital dan Layanan Rekam/Cetak KTP Elektronik (Inovasi JaKreatiFest 2024)

Booth Informasi dan Edukasi:
1. Booth Informasi Cinta Bangga Paham Rupiah
2. Booth Informasi Perlindungan Konsumen
3. Booth Informasi Sertifikasi Halal (Inovasi JaKreatiFest 2024)
4. Booth Informasi Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing Bukan Bank (KUPVA-BB)
5. Booth Informasi Urban Tourism DKI Jakarta (Inovasi JaKreatiFest 2024)
6. Booth Informasi Transportasi DKI Jakarta (Jaklingko) (Inovasi JaKreatiFest 2024)
7. Booth Informasi Transportasi DKI Jakarta (Transjakarta, PT KAI dan MRT) (Inovasi JaKreatiFest 2024)
8. Booth Informasi Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) Bank dan Non-Bank

Sebagai bagian dari rangkaian HUT ke-497 Kota Jakarta, pembukaan JaKreatiFest 2024 juga dilakukan bersamaan dengan pembukaan Festival Jakarta Great Sale 2024. Festival Jakarta Great Sale 2024 diikuti 94 mal di Jakarta, dengan masing-masing pusat perbelanjaan akan memberikan berbagai promo menarik, termasuk memberi diskon produk hingga 70 persen. Festival Jakarta Great Sale 2024 digelar atas kerja sama Pemprov DKI Jakarta dengan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan menggerakkan perekonomian di Jakarta.