Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 (MotoGP) Kembali digelar di Pertamina Mandalika International Circuit 

0
198

(Vibizmedia -Mandalika)

Ajang  balap ini telah  sukses menarik minat wisatawan yang turut meningkatkan perekonomian masyarakat Lombok, baik bagi para pengusaha lokal maupun ekonomi daerah.

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia-MotoGP 2024 dan event ARRC bukan hanya sekadar ajang balap motor kelas dunia. Perhelatan kelas dunia ini juga menjadi peluang besar bagi Sport Tourism di Indonesia, yang berpotensi menjadi penyumbang devisa yang signifikan bagi negara.

Dalam beberapa tahun terakhir, Pertamina Mandalika International Circuit telah terbukti mampu meningkatkan Nation Branding Indonesia di tingkat internasional serta berkontribusi dalam meningkatkan nama Indonesia di mata dunia.

Erick menyampaikan,  Indonesia  memiliki kesempatan untuk menarik perhatian dunia sekaligus memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat dan perekonomian lokal, serta mengukuhkan posisi The Mandalika sebagai “The Ultimate Lifestyle Sportstainment Destination”.

Ia menyatakan dirinya  optimistis bahwa ARRC dan Pertamina Grand Prix of Indonesia-MotoGP, bukan hanya suatu balapan motor, tetapi juga menjadi kesempatan emas untuk mempromosikan Indonesia, khususnya The Mandalika, sebagai destinasi sportainment berkelas dunia.

Wakil Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Wiko Migantoro mengatakan balap MotoGP 2023 tahun lalu telah mencetak sejarah untuk Mandalika dengan total jumlah pengunjung mencapai angka 103.000 orang dimana hal ini berbanding lurus dengan kenaikan omzet 50 UMKM Pertamina mencapai Rp700 juta yang hadir dalam ajang internasional tersebut.

Wiko menjelaskan,  pada tahun 2024, Pertamina tetap akan melibatkan 50 lebih UMKM dan diharapkan dapat memberikan kontribusi lebih besar dari tahun sebelumnya untuk perekonomian daerah.

Wiko melanjutkan, keterlibatan Pertamina merupakan realisasi atas komitmen untuk membawa International MotorSport ke Indonesia, dengan harapan mampu membuka peluang dalam pengembangan bisnis pada skala global, serta mendukung pertumbuhan ekonomi nasional di masa depan

Selain itu, Pertamina melalui anak perusahaannya yaitu Pertamina Lubricants juga telah bergabung dalam MotoGP sebagai partner dari VR46 Racing team, dengan nama Pertamina Enduro VR46 Racing Team.

Kerja sama World Class Partnership ini menjadi langkah Pertamina untuk terus menjadi pemain besar di dunia otomotif internasional. Dan ini menjadi bukti bahwa VR46 Racing Team dan Valentino Rossi menaruh kepercayaan yang tinggi pada kualitas internasional Pertamina Enduro.

Wiko menjelaskan,  VR46 Racing team merupakan tim balap milik Valentino Rossi. Partnership antara VR46 dan Pertamina sudah berlangsung 3 tahun, dimulai sejak tahun 2024 hingga 2026 dengan mengusung produk unggulan Pertamina Lubricants, yakni Pertamina Enduro.

Pada kesempatan yang sama, Fadjar Djoko Santoso,. Vice President Corporate Communication PT Pertamina (persero) menambahkan, selain menjadi tuan rumah, tahun 2024 Pertamina juga berpartisipasi di ajang MotoGP dengan keikutsertaan Pertamina Enduro VR46 Racing Team.

Fadjar menjelaskan, pihaknya  mendukung penuh event Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit dengan Tim kebanggaan MotoGP Pertamina Enduro VR46 Racing Team. Diharapkan bisa mendapatkan hasil terbaik di Mandalika nanti.